Ingin Jadi Diplomat Perwakilan Indonesia di Sidang PBB ? Yuk Kenalin Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional (HI) adalah ilmu yang membahas tentang interaksi antar negara. Jurusan HI memang terkesan menjadi jurusan yang multidisiplin. Kamu akan mempelajari bisnis sampai dengan sejarah.

Prospek kerja dari jurusan Hubungan Internasional (HI) ini salah satunya adalah bisa menjadi seorang diplomat. Tak hanya itu, bisa juga menjadi perwakilan diplomat Indonesia dalam sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat.

Lantas apa saja kemampuan yang harus dibutuhkan di jurusan ini ? Yuk simak informasinya.

1. Komunikasi
Kemampuan komunikasi adalah hal yang paling penting dalam berbagai bidang terkhusus kerjasama. Mahasiswa hubungan internasional juga akan dipersiapkan untuk membangun kerjasama dalam konteks global terutama dalam delegasi antar negara. Maka dari itu, komunikasi adalah hal yang paling utama di jurusan ini.

2. Bahasa Asing
Selain komunikasi, bahasa asing merupakan hal yang sangat penting untuk mahasiwa jurusan hubungan internasional. Bahasa asing yang harus dikuasai adalah bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Selain bahasa Inggris , bahasa penunjang seperti bahasa Mandarin, bahasa Prancis, bahasa Arab, bahasa Spanyol dan lainnya.

3. Berpikir Kritis
Hubungan internasional sangat berkaitan dengan berbagai kebijakan, baik dalam bidang politik maupun ekonomi global. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kritis dan analisis sangat dibutuhkan. 

4. Pemecah Masalah (Problem Solving)
Problem solving merupakan softskill yang sangat penting untuk mahasiswa, terutama dalam bidang hubungan internasional. Problem solving juga membutuhkan strategi untuk mengidentifikasi masalah demi pencapaian tujuan.

5. Memiliki Kemampuan Diplomasi dan Negosiasi
Kemampuan ini sangat perlu dimiliki sama mahasiswa hubungan internasional. Diplomasi bukan hanya pintar dalam menjalin komunikasi, namun yang terpenting adalah dapat mempertahankan kepentingan negara yang bersangkutan. Jika tertarik jadi diplomat, kamu harus sering-sering mengikuti simulasi sidang Perserikatan Bangsa -Bangsa (PBB).

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.