Hoax Uang Pangkal 87 Miliar, UNDIP Pilih Tempuh Proses Hukum


Pihak Universitas Diponegoro ( Undip) Semarang akan menempuh proses hukum perihal informasi tak benar terkait uang pangkal sebesar Rp 87 miliar. Kepala Sub Bagian UPT Humas dan Media Undip Utami Setyowati mengemukakan, isu tersebut telah merugikan pihak universitas.
.
Undip tengah mengumpulkan bukti-bukti terkait unggahan isu uang pangkal itu. Mereka secara tegas akan membawa kasus ini ke ranah hukum. Intinya, kami meluruskan informasi yang tidak benar.
.
Sebelumnya, isu soal syarat uang pangkal sebesar Rp 87 miliar mencuat usai seseorang mengunggah informasi itu di Twitter.
Isu itu sempat menjadi trending topic di Twitter.
.
Pemilik akun mengaku sebagai calon mahasiswa yang lolos ujian mandiri (UM). Pelaksana Tugas Wakil Rektor III Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip Dwi Cahyo Utomo mengklarifikasi, informasi tersebut adalah hoaks.
.
Dwi menjelaskan, ada keanehan dalam unggahan hoaks tersebut. Sebab, format bukti kelulusan di Twitter tidak sesuai dengan format yang dikeluarkan Undip.
.
Ia menekankan, Undip tak mengenal istilah uang pangkal. Adapun proses seleksi UM S1 undip terdiri dari tiga jalur.
.
Tiga jalur itu adalah jalur reguler, jalur kemitraan dan jalur bagi golongan tak mampu atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP). Mengenai biaya pendidikan, Undip berpegang pada aturan pemerintah.
.
Menurut Dwi, biaya pendidikan dan sumbangan pengembangan institusi (SPI) di Undip tetap berpedoman pada ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 25 Tahun 2020.
.
Sedangkan, info resmi untuk program studi dan biaya pendidikan di UNDIP dapat diketahui dengan mengakses situs web um.undip.ac.id.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.