H-3 Bulan! Berikut 5 Tips Mempersiapkan UTBK SBMPTN 2022!

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) akan dibuka pada 23 Maret 2022. Kemudian untuk pelaksanaannya sendiri akan dimulai 17 Mei 2022. Meski terbilang masih sekitar 3 bulan lagi namun persiapan harus dilakukan sejak sekarang karena seleksinya dikenal seketat itu.

Beberapa persiapan yang harus dipersiapkan siswa yaitu tidak hanya persiapan mental saja namun juga materi-materi dan soal-soal yang akan diteskan nanti. Berikut tips menghadapi UTBK SBMPTN 2022:

1. Siapkan Mental
Mental menjadi faktor pertama keberhasilan calon mahasiswa di UTBK. Banyak di antara kita yang terlanjur overthinking dan akhirnya buang-buang waktu buat memikirkan kegagalan dibanding keberhasilan. Seperti contohi “Kayaknya nggak mungkin deh aku masuk UGM,” atau “Aku nggak sanggup ngerjain latihan soal sebanyak ini,”. Kalimat seperti ini harus dibuang jauh-jauh.

2. Membuat Target atau Rencana Belajar
Caranya, kelompokkan dulu mata pelajaran (mapel) yang belum dikuasai. Prioritaskan mapel yang sulit dimengerti atau mapel dengan jumlah sub-bab terbanyak. Kemudian, mapel tersebut dibagi lagi menjadi beberapa topik. Setelah itu, tinggal mengatur jadwal belajarnya.

3. Pahami Konsep
Kesalahan siswa dalam belajar yaitu menghafal bukan memahami konsep. Perlu diingat bahwa soal UTBK jauh berbeda dengan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS). Tipe soal yang diberikan pun akan berbeda setiap harinya. Maka alangkah baiknya untuk mengubah cara pandang dalam mengerjakan soal UTBK. Sebab yang dibutuhkan bukan hafalan, tetapi nalar dan logika dalam memahami konsep dasar topiknya.

4. Perbanyak Latihan Soal dan Try Out
Dengan mengerjakan latihan soal UTBK, otomatis dapat mengukur kemampuanmu dalam memahami materi. Selain itu, try out UTBK juga bisa menjadi simulasi UTBK yang sesungguhnya. Semakin sering mengikuti try out, maka semakin terbiasa menghadapi berbagai tipe soal.

5. Fokus, Disiplin, dan Istirahat
Cara agar fokus dalam belajar yaitu sebagai berikut:
– Ingat tujuan utama, yaitu masuk ke perguruan tinggi negeri.
– Cari tempat yang nyaman dan membantu kamu berkonsentrasi.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share