FSGI Soroti KEMENDIKBUD tak Pahami Soal HOTS

Federasi Serikat Guru Indonesia atau yang disingkat FSGI mengatakan bahwa KEMENDIKBUD tidak memahami konsep HOTS yang sebenarnya. Seperti yang telah terjadi jika pada ujian SMP soal HOTS atau High Order Thinking Skills ini dianggap sangat memberatkan.
.
.
Berdasarkan laporan mengenai UNBK SMP, soal Matematika yang diujikan telah sepadan dengan apa yang diujikan untuk tingkat SMA.
.
.
“Berdasarkan analisis kami dan laporan dari guru-guru daerah telah terjadi pemahaman yang salah pembuat soal terhadap konsep HOTS itu sendiri,” ujar Wakil Sekjen FSGI, Satriwan Salim, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (26/4).
.
“Lebih sesuai jika soal Matematika ini diujikan untuk siswa SMA,” lanjutnya
.
.
Menurut Salim, KI dan KD antara SMP dan SMA memang beririsan. Namun seharusnya materi pada tingkatan SMA lebih dalam.
.
.
“Berkali-kali kami menegaskan bahwa soal berbasis HOTS tidak harus sulit dan soal yang sulit itu belum tentu HOTS,” kata Satriwan.
.
“Justru kami mempertanyakan, bahwa untuk menyelesaikan soal-soal yang berbasis HOTS ini, perlu pembelajaran dan siswa perlu dilatih, lalu kapan siswa dilatih untuk berpikir secara HOTS? Kan belum. Jadi kami sepakat kalau ada pernyataan telah terjadi malpraktek di dunia pendidikan Indonesia,” tuturnya.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.