DAPAT MENGGUNAKAN NILAI UTBK, BERIKUT CARA PENDAFTARAN SKM MANDIRI ITS 2022

Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) adalah pola seleksi mandiri ITS berdasarkan penjaringan mahasiswa baru dengan menggunakan nilai UTBK 2022 dan/atau mengikuti TKA ITS 2022. Pendaftar yang sudah mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 dapat menggunakan nilai UTBK (menggunakan nomor peserta) atau memilih mengikuti TKA ITS 2022 (dijadwalkan setelah pendaftaran SKM) dengan nilai terbaik yang digunakan untuk proses seleksi. Pendaftar dapat melampirkan prestasi-prestasi lainnya sebagai pertimbangan. Khusus program studi Desain Produk, Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual, seleksi menggunakan Ujian Masuk Desain (UMDesain) ITS 2022. Pendaftaran SKM ITS 2022 dibuka mulai tanggal 2-26 Juni 2022. Biaya pendaftaran untuk seleksi mandiri dan seleksi kemitraan adalah Rp250.000 serta yang memilih untuk mengikuti TKA dan UMDesain dikenakan biaya tes.

Berikut cara pendaftaran seleksi kemitraan dan mandiri program sarjana yang dilaksanakan secara online melalui website ITS di http://admission.its.ac.id/.

1). Untuk pendaftaran baru, buat akun dengan registrasi akun MyITSAdmission melalui laman http://admission.its.ac.id/.  Sementara pendaftar yang sudah memiliki akun dapat langsung log in, data yang perlu disiapkan dalam membuat akun:

  • Nomor Induk Kependudukan.
  • Pas foto ukuran 4×6 dengan background warna biru atau merah, ukuran file maksimum 1024 kb dan resolusi minimal 64×64.
  • Scan kartu identitas, Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).
  • Foto diri memegang kartu identitas.

2). Login ke akun MyITSAdmission dengan menggunakan myITS ID (email terdaftar yang sudah diverifikasi) dan password.

3). Melakukan pendaftaran seleksi Sarjana jalur Kemitraan dan Mandiri (SKM-Kemitraan atau SKM-Mandiri, pastikan hanya memilih salah satu). Untuk melakukan pendaftaran secara online, pendaftar harus menyiapkan:

  • Nilai rapor semester 1 s/d 6, jika belum mendapat rapor semester 6, cukup mengisi sampai semester 5, nilai rapor adalah nilai pengetahuan, dan nilai matematika yang dipakai adalah matematika peminatan bagi pendaftar dari jurusan IPA dan matematika umum bagi pendaftar dari jurusan selain IPA.
  • Bukti prestasi (bisa berupa sertifikat, piagam, atau surat rekomendasi sekolah).
  • Deskripsi diri/motivation letter (file A4 1 halaman, diketik/tulis tangan rapi, berisi penjelasan tentang prestasi, keaktifan di masyarakat, dan keterampilan atau keunggulan yang dimiliki oleh calon mahasiswa).
  • Ukuran maksimal setiap berkas yang diunggah adalh 1 MB.

4). Calon peserta mengisi formulir pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar.

5). Memilih program studi dengan sebanyak-banyaknya 2 program studi.

6). Memasukkan nomor peserta UTBK-SBMPTN atau pilih opsi jika akan mengikuti TKA.

7). Lakukan finalisasi, peserta akan mendapatkan kode pembayaran.

8). Setelah membayar, login ke akun MyITS Admission untuk mengunduh kartu pendaftaran.

9). Calon peserta menandatangani kartu bukti pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman website https://www.its.ac.id/admission/sarjana/skm/.

3.00 avg. rating (66% score) - 2 votes
Share