Catat! Tips Sukses Hadapi UTBK SBMPTN 2022

Jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Nasional Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) 2022 akan dimulai dengan pembuatan akun LTMPT pada 14 Februari hingga 17 Maret 2022 mendatang. Siswa yang mengikuti jalur ini harus melalui sebuah tes.

Maka dari itu, perlu adanya persiapan secara optimal agar memiliki peluang untuk lolos di UTBK SBMPTN 2022 dengan bisa masuk ke perguruan tinggi yang diinginkannya. Berikut tips sukses hadapi UTBK SBMPTN 2022 sebagai berikut :

1. Kenali jurusan dan universitas impian
Calon mahasiswa harus mengenal jurusan dan universitas yang diminati. Baik dari materi yang akan dipelajari, prospek kerja, hingga keketatan diantara pesaing lainnya. Hal ini dilakukan supaya calon mahasiswa tidak salah mengambil langkah dan memperhitungkan peluang yang ada.

2. Pahami syarat-syarat yang ditentukan
Dalam mengikuti berbagai seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri, baik dari SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri pasti ada syarat-syarat yang harus dipenuhi calon mahasiswa. Maka dari itu, disini perlu adanya kecermatan agar berkas atau dokumen tidak ada yang ketinggalan.

3. Memperbanyak latihan soal
Jika siswa sering berlatih mengerjakan soal ujian, maka otak akan menstimulasi soal-soal yang sering dikerjakan tersebut. Siswa yang memilih kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) yakni Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Sedangkan untuk kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), materi ujian (TPS) yakni Bahasa Inggris dan TKA Soshum antara lain Ekonomi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi. Lebih lanjut, untuk kelompok Ujian Saintek dan Soshum (Campuran) materi ujian TPS yakni Bahasa Inggris dan TKA Saintek serta TKA Soshum.

4. Menjaga kesehatan menjelang ujian
Selain persiapan belajar, kesehatan fisik dan psikis juga diperlukan dalam menghadapi UTBK SBMPTN 2022. Siswa bisa melakukan olahraga ringan supaya pikiran dan badan tetap segar. Tidak lupa juga selalu rutin mengonsumsi makanan sehat dan vitamin untuk menjaga stamina tubuh.

5.00 avg. rating (89% score) - 1 vote
Share
0 Comments

No Comment.