Catat! Susah Membagi Waktu, Berikut Tips Manajemen Waktu Untuk Mahasiswa!

Menjadi mahasiswa bukan lagi sebagai siswa yang masih kecil atau remaja, namun mahasiswa sudah berada pada tahap dewasa. Tidak hanya harus berpikir kritis tapi juga harus bisa mengatur waktu untuk kesehariannya. Terlebih bagi mahasiswa yang tinggal di kos atau merantau jauh dari orang tua. Tentu semuanya akan dilakukan secara sendiri dan mandiri, sehingga manajemen waktu sangat diperlukan.

Dalam talkshow yang digelar oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD pada 28 Januari 2022 lalu salah satu Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UAD, Adiffa Fikri Diansyah membagikan beberapa tipsnya. Menurutnya dalam manajemen waktu yang sangat diperlukan adalah to do list yang ditulis sebelum tidur dan akan dilaksanakan ketika bangun tidur hingga tidur kembali. Dengan begini akan mudah mengetahui apa saja yang akan dilakukan dan semua bisa berjalan dengan teratur.

Berbeda dengan Addifa, Mawapres lainnya yaitu Zaenab juga menyampaikan beberapa penetapan tujuan dan skala prioritas waktu menjadi empat bagian yaitu sebagai berikut:
1. urgent terlebih dahulu dan penting
2. penting tetapi tidak urgent
3. urgent tetapi tidak penting
4. tidak penting dan tidak urgent

Sementara itu, Umair sebagai narasumber ketiga juga menyampaikan mengenai perencanaan daftar jadwal keseharian yang dilakukan berdasarkan preferensi masing-masing, bisa disesuaikan melalui tingkat produktivitas early bird atau dijelaskan sebagai berikut:
1. Bisa mengidentifikasi terlebih dahulu kita merupakan tipe early bird atau night owl.
2. Setelah itu kita bisa me-list tugas-tugas mana yang berat dan yang cukup ringan.
3. Selanjutnya kita bisa mulai mengatur waktu.

Tidak menutup kemungkinan gangguan pasti akan datang, namun kunci untuk meminimalisir gangguan yang kurang bermanfaat misal dari media sosial yaitu bersikap tegas atau asertif dengan gangguan tersebut. Serta yang perlu diasah yakni kebiasaan rasa tidak enakan dan menolaknya dengan halus. Umair mengatakan tidak boleh menghabiskan waktu dengan sia-sia namun harus menginvestasikan ke hal-hal yang bermanfaat karena setiap detik itu berharga.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share