Catat! Ini Dia Cara Meningkatkan IPK Saat Kuliah Online

Pembelajaran online menjadi alternatif yang diambil selama pandemi Covid-19. Tidak hanya siswa sekolah, mahasiswa juga melakukan perkuliahan secara online.

Baik tatap muka atau online, mahasiswa diharapkan tetap aktif selama perkuliahan. terlebih jika menginginkan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi. Melalui unggahan resmin, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud memberikan tips cara meningkatkan nilai IPK di masa pembelajaran online.

Berikut tips meningkatkan nilai IPK saat pembelajaran daring :

1. Tidak titip absen
Jangan melakukan atau mencoba titip absen (tipsen). Rajin mengikuti perkuliahan jadi salah satu cara meningkatkan IPK.

Jika sering tipsen, kamu jadi ketinggalan materi yang diberikan dosen. Resiko tipsen juga bisa membuat reputasi Anda di mata dosen buruk terlebih jika ketahuan. Selain kamu bisa mendapat nilai jelek, kepercayaan dosen pada kamu juga bisa menurun glads.

2. Menyiapkan perlengkapan yang memadai
Agar pembelajaran daring kamu bisa berjalan dengan baik, tentu perlengkapan harus disiapkan. Perlengkapan selama pembelajaran online diantaranya jaringan, aplikasi dan perangkat yang memadai.

Pastikan jaringan hingga perangkat dalam kondisi baik di saat kuliah online berlangsung. Pilih tempat atau lokasi belajar yang tidak bising agar kamu bisa fokus mengikuti perkuliahan.

3. Tidak menunda mengerjakan tugas
Tugas kuliah akan tetap ada meski dalam pembelajaran daring. Karenanya, kamu perlu mengetahui detail tenggat waktu mengumpulkan tugas. Buat timeline deadline tugas agar kamu tidak kesulitan saat mengerjakan tugas.

4. Rajin  membaca buku dan jurnal
Bacalah buku dan jurnal-jurnal ilmiah yang sesuai dengan jurusan kamu. Materi yang tersedia bisa membantu kamu memahami perkuliahan.

Ada banyak buku dan jurnal ilmiah yang bisa diakses secara online. kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menunjang kuliah online.

Nah, itu dia glads tips supaya nilai IPK kamu meningkat walaupun pembelajaran dilakukan secara online.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.