CAMABA WAJIB TAHU! TIPS LOLOS  UTBK-SBMPTN  TAHUN 2022

Tidak perlu khawatir, bagi siswa yang gagal di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 bisa memanfaatkan jalur lain seperti Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022.

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 sudah dibuka sejak 23 Maret dan akan ditutup 15 April mendatang. Dalam pendaftaran ini, siswa harus memilih program studi (prodi) dan perguruan tinggi yang dituju. Bagi siswa yang masih kebingungan dalam memilih prodi, berikut tipsnya dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA):

1. Kenali diri sendiri

Siswa perlu memahami diri dan potensi dirinya sendiri. Adanya identifikasi diri mengenai minat dan bakat menjadi peranan yang penting. Apabila siswa merasa suka menulis atau mendesain maka prodi yang memiliki keterkaitan dengan hal tersebut misalnya desain komunikasi visual dan lain sebagainya.

2. Saran orang terdekat

Meminta bantuan saran atau masukan dari orang tua, teman, keluarga maupun dari orang terdekat itu juga bisa membantu dan penting.

3. Identifikasi prodi 

Calon mahasiswa juga perlu mencari tahu terkait dengan potensi dan apa saja yang dipelajari di prodi tersebut. 

4. Riset keketatan prodi

Calon mahasiswa juga perlu riset terkait keketatan prodi untuk mengetahui tingkat persaingan prodi-prodi dalam daftar pilihan dan sesuaikan dengan kemampuan tentunya. Biasanya prodi dengan keketatan sedang atau rendah memiliki peluang lolos yang lebih besar. Untuk Unesa sendiri prodi yang memiliki peminatan tertinggi di SNMPTN 2022 yaitu sebagai beriku:

– S1 Manajemen 

– S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

-S1 Psikologi 

– S1 Gizi 

– S1 Ilmu Komunikasi 

– S1 Ilmu Hukum 

– S1 Akuntansi 

– S1 Ilmu Administrasi Negara 

– S1 Bisnis Digital 

– S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

5. Analisis jenis tes UTBK

Adapun jenis tes yang dimaksud yaitu sebagai berikut:

– Tes potensi skolastik (TPS).

Tes ini meliputi kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif termasuk penguasaan Matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. 

– Tes kemampuan Bahasa Inggris. 

Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang mendukung pembelajaran di perguruan tinggi. 

– Tes kemampuan akademik (TKA) yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan (mata pelajaran) di sekolah dan diperlukan untuk menempuh pendidikan tinggi. Tes ini menekankan pada higher order thinking skills (HOTS).

6. Memperhatikan portofolio

Sebaiknya mengupload portofolio yang berkaitan dengan prodi yang dipilih.

7. Memahami kelompok ujian UTBK

– Kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Alokasi waktu tes 195 menit.

– Kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Alokasi waktu tes 195 menit. – Kelompok ujian campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum. Alokasi waktu tes 285 menit.

8. Pelajari soal sebelumnya

Calon mahasiswa bisa mempelajari jenis soal dari tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, calon mahasiswa juga bisa belajar dan berlatih dengan mengikuti try out. 

5.00 avg. rating (92% score) - 2 votes
Share