CALON MAHASISWA  KEDOKTERAN WAJIB TAHU KEUNGGULAN FAKULTAS KEDOKTERAN IPB

IPB University akan membuka Fakultas Kedokteran (FK), hal ini juga diungkapkan oleh Rektor IPB Prof. Arif Satria dalam Podcast Rektor IPB UNiversity di Kanal YouTube milik IPB TV.

Beliau menjelaskan bahwa pihaknya bukan pemain baru dalam dunia bisnis. Karen IPB sendiri memiliki banyak relasi yang berkaitan dengan dunia bisnis. IPB membuka Fakultas Kedokteran ini dikarenakan melihat tingkat minat siswa lulusan SMA yang tinggi untuk menjadi dokter.

Rektor IPB ini menjelaskan beberapa keunggulan dari Fakultas Kedokteran seperti pendidikan dokter agromaritim berbasis one health. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia saat ini didominasi adanya obat-obatan impor, padahal Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Dan hal ini bisa menjadi modal bagi sektor agro maritim untuk men-support menuju kedaulatan kesehatan. Apalagi di masa pandemi seperti ini, tenaga media sangat diperlukan. 

Lebih lanjut, sebenarnya pertanian tidak terlepas dari aspek kesehatan dalam konsep one health. Kesehatan merupakan satu kesatuan, ini merupakan konsep global. Antara kesehatan manusia dan hewan menjadi satu kesatuan. Hal ini bisa disaksikan dari sumber penyakit manusia yang berasal dari hewan. Contohnya COVID-19. IPB University sendiri memiliki konsep bahwa kedepan butuh integrasi antara kesehatan hewan dan manusia. Banyak program pendidikan dan riset IPB University yang sangat dekat dengan dunia biomedis. Dalam hal ini sebagai contoh, program studi ilmu gizi, biologi, biokimia dan lain-lain. Selain itu ada sekitar 114 inovasi IPB University yang terkait biomedis. Contohnya adalah inventpro, produk Polymerase Chain Reaction atau PCR yang harganya jauh lebih murah. IPB University juga bisa menciptakan kit untuk mengukur antibodi. Selain itu, IPB University juga punya ahli bayi tabung.

Maka dari itu, melalui Fakultas Kedokteran ini nantinya karya-karya IPB University di bidang media akan mendapatkan legitimasi.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share