BERIKUT INI JURUSAN KULIAH TERBANYAK YANG DIBUTUHKAN DI  ERA METAVERSE

Calon mahasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi dan masih bingung dengan program studi (prodi) yang dipilih perlu mempertimbangkan beberapa hal. Seperti minat bakat dan juga prospek kerja. Apalagi hadirnya teknologi membuat lima tahun kedepan banyak pekerjaan yang diprediksi akan tergantikan oleh mesin.

Melalui DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN), terdapat beberapa pilihan jurusan yang paling banyak dibutuhkan di era metaverse. Diantaranya sebagai berikut:

1. Teknik Informatika (TI) 

Di era digital, jurusan Teknik TI kini semakin dibutuhkan oleh beberapa perusahaan dan salah satu jurusan yang paling umum dekat dengan Data Science. Jurusan ini akan mempelajari mengambil dan mengolah Big data serta mempelajari ilmu seputar Data Science. Mengingat, hampir seluruh lini perusahaan sudah menerapkan data-driven, maka dibutuhkannya seorang lulusan jurusan TI untuk membantu mengolah dan mengolah data dengan baik serta membantu mencari solusi.

2. Ilmu Komputer

Pada era metaverse, seorang yang memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Komputer akan membantu perusahaan untuk melakukan sebuah experience yang menggunakan kekuatan komputasi (computing).

3. Desain Komunikasi Visual

Pada Jurusan Desain Komunikasi Visual mahasiswa akan belajar konsep komunikasi dan mengungkapkannya secara visual dengan menggunakan beberapa elemen-elemen kreatif dengan tujuan tertentu, seperti mempelajari menafsirkan makna warna atau bentuk gaya hingga membuat desain untuk web yang interaktif.

4.Ilmu Komunikasi 

Kini di Ilmu Komunikasi ada istilah yaitu Digital Marketing. Di mana para digital marketer akan memasarkan produk atau layanan serta memberikan informasi melalui kanal digital dengan menggunakan Big Data. Salah satu kompetensi yang dimiliki untuk mengolah data agar mendapatkan matrik dan insight yaitu menggunakan microsoft Excel. Dengan menggunakan tools Excel, dapat menjadi nilai tambahan nantinya ketika berkarir di era metaverse atau bidang data.

5. Cyber security

Pada umumnya, studi cyber security berhubungan dengan bidang IT seperti mempelajari data terstruktur, networking programming, ilmu matematika dasar, dan lainnya. Sehingga jurusan ini akan lekat dengan penggunaan data di ruang virtual dan bidang Data Science. Perusahaan atau organisasi akan membutuhkan seorang yang memiliki latar belakang dari jurusan cyber security untuk membantu menghindari kejahatan di ruang cyber dan membuat sebuah arsitektur pertahanan cyber.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share