Begini Cara Unduh Tanda Bukti Registrasi Akun LTMPT SNMPTN 2022

Memasuki musim pendaftaran diri pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN) 2022, maka hal yang pertama kali dilakukan siswa yaitu membuat akun LTMPT. Langkah selanjutnya setelah membuat akun LTMPT dan mengisi data, siswa harus melakukan Simpan Permanen akun LTMPT.

Simpan Permanen akun LTMPT merupakan tahapan akhir dalam menyelesaikan pengisian data dan pas foto dalam akun LTMPT, sehingga nantinya akun LTMPT tersebut keitka sudah valid kemudian dapat digunakan dalam proses pendaftaran. Bagi siswa yang sudah melakukan Simpan Permanen ini tidak akan bisa mengubah pengisian data maupun pas foto lagi, maka dari itu perlu adanya ketelitian sebelum mengklik Simpan Permanen pada akun LTMPT siswa yang bersangkutan.

Selanjutnya, bagi siswa yang sudah Simpan Permanen akan mendapatkan Bukti Registrasi Akun LTMPT. Bukti ini yang berguna untuk pendaftaran SNMPTN maupun SBMPTN 2022 nanti. Melansir dari laman resmi LTMPT, berikut cara membuat akun LTMPT hingga mengunduh bukti permanen akun LTMPT:

1. Registrasi akun LTMPT terlebih dahulu
Registrasi bagi siswa SNMPTN 2022 dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id/ hingga 15 Februari 2022 mendatang. Sementara pendaftaran Akun LTMPT untuk SBMPTN 2022 berlangsung pada 14 Februari – 17 Maret 2022.

2. Mencatat email dan kata sandi akun LTMPT
Semua pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2022 dilakukan melalui akun LTMPT. Ketika terjadi kesalahan dalam memasukkan kata sandi sampai lima kali berturut-turut maka berisiko akun siswa akan ditangguhkan selama 15 menit. Oleh karena itu mencatat email dan kata sandi adalah suatu keharusan.

3. Mengunggah foto sesuai ketentuan LTMPT
– Foto berukuran 4×6 dengan resolusi 200×300 pixels (kurang lebih 250 dpl), serta rasio 2:3
– Foto wajib berwarna dan latar belakang polos (warna bebas)
– Format file wajib JPG/JPEG/PNG maksimal berukuran 300 kb
– Pas foto orientasi potrait atau vertikal
– Badan dan kepala harus tegak sejajar menghadap kamera, kualitas foto wajib tajam dan fokus
– Foto dibagian kepala tidak boleh ada yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen apapun
– Foto kepala berada di tengah secara horizontal, sehingga jarak kepala dengan batas kiri dan kanan sama

4. Periksa semua isian data
Memeriksa kembali data yang sudah termuat dalam akun LMPT adalah hal yang wajib dilakukan siswa.

Sementara itu berikut merupakan cara simpan permanen akun LTMPT:
1. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya
2. Pilih menu Verifikasi Siswa di Dashboard Portal LTMPT.
3. Pada halaman verifikasi dan validasi data siswa, periksa data. Isi kolom NIK, agama, alamat, nomor telepon, dan yang masih kosong. Apabila ada kesalahan data, lakukan perubahan melalui sekolah. Selanjutnya tekan tombol Perbarui Data.
4. Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman Unggah Pas Foto. Unggah pas foto terbaru sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
5. Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman Penyesuaian Pas Foto. Lakukan penyesuaian pasfoto sehingga bagian wajah terlihat dengan jelas.
6. Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman konfirmasi data.
7. Pastikan data sudah benar. Jika sudah yakin, centang pernyataan dan tekan tombol Simpan permanen.
8. Jika sudah melakukan simpan permanen, maka data tidak dapat diubah kembali. Kemudian unduh data dengan mengklik tombol “Unduh Bukti Permanen” berwarna merah.
9. Simpan bukti permanen data di tempat yang aman dan jangan sampai hilang.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share