Bagi Mahasiswa, Berikut Tips Lolos Program Magang Bersertifikat Kemendikbud Ristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kini memberikan peluang bagi para mahasiswa untuk mendapatkan banyak pengalaman tidak hanya di bangku perkuliahan saja. Melalui program Kampus Merdeka, mahasiswa dapat menambah pengetahuannya dengan terjun langsung ke lapangan dan industri kerja. Para mahasiswa dapat memanfaatkan program ini untuk mendukung dalam pencarian pekerjaan di masa yang akan datang.

Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Elvira Gosal memberikan tips dan perencanaan yang bisa disiapkan oleh rekan-rekan mahasiswa yang ingin mengikuti program Kampus Merdeka tersebut. Ia mengaku mendapatkan berbagai benefit selama mengikuti program tersebut. Mulai dari pelatihan praktis oleh mentor profesional hingga mengasah kemampuannya untuk menganalisis sumber daya sebagai solusi atas masalah.

Adapun tips lolos magang bersertifikat Kemendikbud Ristek menurut Elvira sebagai berikut:
1. Jangan takut untuk memulai dan percaya pada kapabilitas diri sendiri. Tentunya dibarengi dengan persiapan yang matang dan rasa ingin tahu yang besar.
2. Kenali potensi dan tentukan target. Dalam proses seleksi, tunjukkan kapabilitas diri, baik secara teknikal maupun soft skill.
3. Jangan ragu dalam mencari mentor dan meminta bimbingan dari mereka yang sudah berpengalaman di program ini.

Selain itu, Elvira juga memaparkan hawa mahasiswa juga perlu adanya persiapan yang lain. Seperti mempersiapkan berkas berkas (CV, sertifikat pencapaian, surat rekomendasi, dan segala keperluan yang sudah diinformasikan melalui website Kampus Merdeka), persiapan mental untuk terjun dan berkontribusi dalam dunia pekerjaan dan selalu fokus pada tujuan awal untuk mau mencari pembelajaran baru. Perihal uang saku dan biaya hidup selama magang tidak perlu dikhawatirkan karena akan disubsidi oleh Kemendikbud Ristek. Kemudian mahasiswa juga akan menerima sertifikat kompetensi dari perusahaan setelah selesai magang.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share