Apa Sih Bedanya IP dan IPK? Cek Yuk Informasinya Jangan Sampai Salah!

Glads! Penilaian di bangku perkuliahan ternyata jauh berbeda dengan yang terjadi di bangku sekolah. Bukan lagi nilai rapor, mahasiswa bakal mendapatkan sistem penilaian Indeks Prestasi (IP) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Sudah tahukah kamu perbedaan keduanya? Meski sama-sama sistem penilaian untuk mahasiswa, ternyata IP dan IPK mempunyai arti yang berbeda.

Indeks Prestasi (IP) diartikan sebagai sistem penilaian yang diambil dari jumlah semua nilai mata kuliah dalam 1 semester. Beberapa kampus ada yang menggunakan istilah Indeks Prestasi Semester (IPS).

Besaran nilai tiap kampus berbeda-beda. Agar lebih mudah memahami, anggap saja nilai satu mata kuliah diambil dari nilai A, B, C, D, dan E. Bobot nilai A bernilai 4, B bernilai 3, C bernilai 2, D bernilai 1, dan E bernilai 0.

Dalam hasil studi, kamu akan mendapatkan satu dari sekian nilai tersebut untuk tiap mata kuliah. Besaran IP dihitung dari jumlah total nilai dalam satu semester, kemudian dibagi dengan jumlah SKS yang telah diambil.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan angka prestasi atau keberhasilan studi dari semester awal hingga semester akhir.

Perhitungan IPK didapat dari jumlah seluruh IP yang telah didapat dibagi dengan jumlah semester yang telah ditempuh. IPK ini yang nantinya akan ditulis dalam transkrip nilai ketika lulus.

Secara sederhana, untuk membedakan kedua hal tersebut, IPK menggambarkan hasil belajar mahasiswa selama masa perkuliahan. Sementara IP hanya menggambarkan satu semester saja.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.