Apa Itu Saintek, Soshum, dan Campuran Saat Memilih Jurusan Kuliah?

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, setiap calon mahasiswa terlebih dahulu diharuskan untuk mengetahui jenis tes dan kelompok studi yang akan dipilih saat mengikuti seleksi.

Di Indonesia, kelompok studi tersebut terbagi ke dalam 3 kelompok, yaitu kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum), dan Campuran. Memahami kelompok-kelompok tersebut sangat penting nih Glads untuk menentukan jurusan impianmu.

Namun, apa sebenarnya perbedaan dari Saintek, Soshum, dan Campuran ini? Berikut ini penjelasannya yang perlu untuk kamu tahu.

Pengertian Saintek, Soshum, dan Campuran

1. Saintek

Saintek adalah kelompok studi yang materi ujiannya berdasarkan mata pelajaran IPA. Umumnya kelompok studi ini menerima para peserta yang berasal dari siswa IPA, tapi juga tidak menutup kemungkinan ya Glads untuk siswa IPS memilih jurusan di kelompok ini.

Contoh jurusan:

Biologi, Kedokteran, Farmasi, Arsitektur, Matematika, Teknik Elektro, Fisika, Gizi, Teknik Pertanian, dan lain-lain.

2. Soshum

Jika Saintek berdasarkan mata pelajaran IPA, maka untuk Soshum adalah kelompok studi yang materi ujiannya berdasarkan materi IPS. Jurusan yang kamu bisa ambil untuk kelompok Soshum dapat berbeda lho di setiap Universitas Glads. Jadi, pastikan untuk mencari tahu lebih dulu ya sebelum memilih!

Contoh jurusan:

Akuntansi, Hukum, Filsafat, Sastra, Sejarah, Hubungan Internasional, Sosiologi, Manajemen, dan lain-lain.

3. Campuran

Selain Saintek dan Soshum, ada satu lagi kelompok nih yaitu Campuran. Sesuai namanya, kelompok ini merupakan campuran dari Saintek dan Soshum. Bagi kamu yang ingin lintas jurusan dan memilih dua kelompok studi yang berbeda, kamu bisa memilih kelompok ini saat ujian nanti.

Materi yang diujikan

Setiap kelompok studi memiliki materi ujian yang berbeda ya Glads. Kamu harus tahu nih apa saja materinya, karena akan sangat membantu kamu di UTBK-SBMPTN nanti.

Kelompok Saintek

– Matematika IPA

– Fisika

– Kimia

– Biologi

Kelompok Soshum

– Matematika Soshum

– Ekonomi

– Geografi

– Sejarah

– Sosiologi

Kelompok Campuran

Karena kelompok campuran adalah gabungan dari kelompok Saintek dan Soshum, tentu materi yang akan diujikan pun merupakan gabungan dari keduanya nih Glads. Kamu bisa memilih ujian kelompok ini jika saat pemilihan jurusan yang dipilih merupakan kelompok Saintek dan Soshum.

Misalnya, pilihan pertamamu merupakan jurusan teknik (Saintek), lalu pilihan kedua adalah jurusan manajemen (Soshum), maka kamu perlu mengikuti kelompok ujian Campuran dan harus mengerjakan tes untuk dua rumpun.

Nah seperti itu penjelasan singkat mengenai kelompok-kelompok yang akan digunakan sebagai persyaratan masuk ke perguruan tinggi. Jangan lupa untuk mempelajari pelajaran yang diujikan jurusan yang akan dipilih ya Glads. Selamat berjuang!

Sumber Foto:

15.307 Peserta Ikuti UTBK di UGM [daring]. Tautan: https://ugm.ac.id/id/berita/19670-15-307-peserta-ikuti-utbk-di-ugm/ (Diakses: 23 Januari 2022)

3.40 avg. rating (69% score) - 5 votes
Share
0 Comments

No Comment.