Analisis Penyebab Pelajar Pulau Jawa Dominasi Nilai Tertinggi UTBK

Pelajar asal Pulau Jawa tercatat mendominasi sebagai peraih nilai rata-rata tertinggi dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Pengamat Pendidikan dari Komisi Nasional (Komnas) Pendidikan, Andreas Tambah menyebut, salah satu penyebabnya yakni akibat budaya belajar yang cukup baik.
.
Ia mencontohkan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menurut Andreas, budaya belajar di DIY cukup tinggi. Tak heran, pelajar asal Kota Gudeg itu bisa mencatatkan nilai rata-rata tertinggi dalam UTBK tahun ini.
.
Lanjutnya, budaya belajarnya cukup tinggi, antusiasnya tinggi dan motivasinya sangat luar biasa. Kota Yogyakarta juga disebut sebagai kota pelajar, sehingga dunia pendidikan di sana yang utama.
.
Andreas menyebut terbentuknya budaya belajar ini juga disebabkan pemerintah daerah yang concern terhadap dunia pendidikan. Buktinya, pemerintah daerah setempat membuat aturan jam belajar.
.
Menurutnya, dengan membangun budaya belajar, pemerataan pendidikan Indonesia bisa terwujud. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama pemerintah daerah dan dinas pendidikan diminta bersinergi.
.
Contoh lainnya daerah Solo ada aturan jam belajar yang membuat adalah Pemda dan masyarakatnya mendukung. Sosialisasi tentang pendidikan mesti digaungkan di seluruh pelosok.
.
Perhatian yang tinggi dari pemerintah terhadap pendidikan menjadi salah satu faktor kunci membangun budaya belajar. Bila tidak, jangan harap kualitas pendidikan bisa sesuai harapan.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
Avatar for masukkampus
Avatar for masukkampus
Avatar for masukkampus
3 Comments
Avatar for masukkampus
rubyrobinson555 28-10-2022
| |

What to better understand points to mention in your social media essay? There is one useful post that can help solve this problem for you. At least, it helped me figure out important things.

Avatar for masukkampus

Sistem pendidikan di setiap daerah di indonesia harus semakin di perkuat

Avatar for masukkampus

terima kasih artikelnya sangat membantu
Visit Us