Akhirnya Sekolah Tatap Muka Dimulai, Ini Aturan Selengkapnya

Sekolah Tatap Muka mulai berlaku sejak Januari 2022, hal ini didasarkan pada penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terbaru mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Dalam SKB terbaru, satuan pendidikan level 1,2, dan 3 wajib menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan mematuhi kriteria yang sudah ditetapkan. Untuk pengaturan kapasitas dan durasi pembelajaran didasarkan pada cakupan vaksinasi dosis 2 pendidik serta tenaga kependidikan masing-masing satuan pendidikan.

Satuan pendidikan yang terbukti melanggar protokol kesehatan akan diberikan sanksi administratif dan dibina oleh satgas penanganan COVID-19 atau pembina UKS.

Adapun aturan PTM terbatas sesuai PPKM

PPKM level 1-2
1. Satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis2 pada pendidik dan tenaga kependidikan diatas 80% dan capaian vaksinasi dosis 2 pada warga masyarakat lansia diatas 50% dan peserta didik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di tingkat kabupaten/kota. Pembelajaran akan dibatasi dengan jumlah peserta didik 100% dari kapasitas ruang kelas dan lama belajar maksimal 6 jam pelajaran per hari.

2. Satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan sebanyak 50% sampai dengan 80% dan capaian vaksinasi dosis 2 pada warga masyarakat lansia sebanyak 40-50% dan peserta didik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di tingkat kabupaten/kota. Dengan pembatasan jumlah peserta didik 50% dari kapasitas ruang kelas.

3. Satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan di bawah 50% dan capaian vaksinasi dosis 2 pada warga masyarakat lansia di bawah 40% di tingkat kabupaten/kota.

PPKM Level 3
1. Satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan paling sedikit 40% dan capaian vaksinasi dosis 2 pada warga masyarakat lansia paling sedikit 10% di tingkat kabupaten/kota.

2. Satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan di bawah 40% dan capaian vaksinasi dosis 2 pada warga masyarakat lansia di bawah 10% di tingkat kabupaten/kota.

PPKM Level 4
1. Satuan pendidikan yang berada di level ini akan dilaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Daerah khusus 3T
Akan dilaksanakan pembelajaran tatap muka dengan kapasitas 100% dengan jam belajar maksimal 6 jam. Namun juga dengan tetap mematuhi peraturan yang ada antara lain sebagai berikut :

1. Kantin belum diperbolehkan beroperasi

2. Pedagang yang berada di luar gerbang sekitar lingkungan satuan pendidikan diatur oleh petugas penanganan COVID-19 wilayah setempat dan satuan pendidikan yang saling bekerja sama.

3. Kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler di dalam dan di luar ruangan dilaksanakan sesuai dengan pengaturan pembelajaran di ruang kelas.

Namun apabila terjadi kondisi diluar kendali maka akan diberlakukan pemberhentian PTM terbatas sementara jika terjadi klaster penularan COVID-19 di satuan pendidikan, angka positif rate hasil ACF diatas 5%, dan warga satuan pendidikan yang masuk dalam notifikasi kasus hitam diatas 5%.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.