8 Sekolah Kedinasan dengan Biaya Pendidikan Gratis yang Bisa Dijadikan Pilihan

Hai Glads, tahu nggak sih? Selain perguruan tinggi terkemuka, Sekolah Kedinasan (Sekdin) juga menjadi incaran siswa-siswi setiap tahunnya. Di tahun 2021 saja tercatat jumlah pendaftarnya mencapai 286.000 pendaftar lho! 

Untuk yang belum tahu, Sekolah Kedinasan atau sering disingkat dengan Sekdin merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan. 

Setelah lulus dari Sekolah Kedinasan, nantinya kamu bisa langsung bekerja dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penasaran kan di Indonesia ada sekolah kedinasan apa aja sih? Yuk, ketahui 8 Sekolah Kedinasan yang bisa jadi pilihanmu!

1. PKN STAN

Politeknik Keuangan STAN atau PKN STAN adalah Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Keuangan RI yang berfokus pada pendidikan vokasi di bidang keuangan negara. Mulai di 2021, PKN STAN memiliki 3 prodi yang bisa kamu pilih, yaitu D-IV Akuntansi Sektor Publik, D-IV Manajemen Keuangan Negara, dan D-IV Manajemen Aset Publik.

Sebagai informasi tambahan, di tahun 2021 nilai UTBK menjadi salah satu syarat administrasi pendaftaran PKN STAN nih Glads. Jadi, ada kemungkinan di tahun 2022 juga akan kembali digunakan ya!

2. POLSTAT STIS

Politeknik Statistika STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik. STIS membuka 3 prodi di pendaftaran tahun 2021, yaitu D-III Statistika, D-IV Statistika, dan D-IV Komputasi Statistik. Buat kamu yang suka berhitung dan data, bisa mempertimbangkan pilih STIS nih Glads!

3. IPDN

IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri adalah perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang kampusnya tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Jika di beberapa Sekdin lain calon mahasiswa disebut dengan Taruna, maka di IPDN disebutnya dengan Praja. Ada 3 Fakultas yang disediakan oleh IPDN, yaitu Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat.

4. STIN

Seperti namanya, Sekolah Tinggi Intelijen Negara berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Ada 4 jurusan S1 yang tersedia di STIN, diantaranya jurusan Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen. Selama berkuliah di STIN, taruna tidak dipungut biaya dan akan difasilitasi tinggal di asrama, konsumsi, serta seragam. Wah asik ya? 

5. STMKG

Sekolah yang berada di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, memiliki 4 prodi D-IV yang bisa dipilih, yaitu Meteorologi, Geofisika, Klimatologi, dan Instrumentasi. Biaya pendidikan di STMKG juga gratis ya Glads, namun untuk keperluan seragam dan lainnya akan ditarik biaya.

6. POLTEK SSN

POLTEK SSN merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara. Poltek SSN memiliki 3 prodi dengan sistem paket yang harus diselesaikan dalam 4 tahun. Prodi yang tersedia, yaitu Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi.

7. POLTEKIP DAN POLTEKIM

Poltekip dan Poltekim adalah sekolah kedinasan dibawah naungan Kemenkumham atau Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Ada 3 jurusan yang tersedia di Poltekip, yaitu Manajemen Pemasyarakatan, Teknik Pemasyarakatan, dan Bimbingan Pemasyarakatan. 

Sementara untuk Poltekim, ada 4 prodi yang bisa dipilih diantaranya D-III Keimigrasian, D-IV Manajemen Teknologi Keimigrasian, D-IV Administrasi Keimigrasian, dan D-IV Hukum Keimigrasian.

8. Sekolah Kedinasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan RI membuka 21 sekolah untuk calon taruna yang bertujuan menghasilkan taruna yang profesional dalam bidang transportasi. Adapun 21 Sekolah Kedinasan tersebut sebagai berikut:

  1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) 
  2. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) 
  3. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal 
  4. Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang 
  5. Politeknik Transportasi Darat Bali 
  6. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta 
  7. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar 
  8. Politeknik Pelayaran Surabaya 
  9. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang 
  10. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat 
  11. Politeknik Pelayaran Banten 
  12. Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh 
  13. Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara 
  14. Politeknik Pelayaran Barombong 
  15. Politeknik Pelayaran Sorong 
  16. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug 
  17. Politeknik Penerbangan Makassar 
  18. Politeknik Penerbangan Medan 
  19. Politeknik Penerbangan Surabaya 
  20. Politeknik Penerbangan Jayapura 
  21. Politeknik Penerbangan Palembang

Nah, itulah sekolah kedinasan di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan studimu setelah lulus sekolah. Tertarik nggak nih menjadi salah satu taruna di sekolah kedinasan? Kamu bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang dengan belajar bersama Masuk Kampus di @masuk.kedinasan ya Glads!

3.60 avg. rating (73% score) - 5 votes
Share
0 Comments

No Comment.