7 Tips Memilih Jurusan Untuk Daftar UTBK SBMPTN 2022

Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi untuk sekarang ini sudah bisa mendaftar Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022.

Saat mendaftar UTBK SBMPTN 2022, siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau masing-masing satu prodi pada dua PTN. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika mau mendaftar UTBK SBMPTN 2022.

Melansir dari laman Universitas Pasundan (Unpas) ada 7 tips untuk memilih jurusan kuliah sata mendaftar UTBK SBMPTN 2022:
1. Pahami potensi diri
Jika tertarik bidang sains dan teknologi, kamu bisa mempertimbangkan jurusan yang berhubungan dengan keduanya, seperti teknik atau kedokteran. Sebaliknya, kalau tertarik pada bidang sosial dan humaniora, pilihlah jurusan yang termasuk dalam rumpun tersebut.

2. Kenali passion yang dimiliki
Jika siswa punya kemampuan di bidang sains, namun minat dan keinginan cenderung ke disiplin ilmu yang berseberangan, maka lintas jurusan bisa dipertimbangkan. Apabila siswa memilih jurusan sesuai passion tentu ketika menjalani perkuliahan akan penuh dengan kegembiraan.

3.Sesuaikan biaya kuliah
Bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi juga harus berdiskusi dengan orangtua mengenai biaya yang dikeluarkan nantinya. Tidak disarankan untuk mengambil jurusan yang biaya cukup mahal tapi tidak sesuai dengan kondisi keuangan orang tua.

4. Lihat peluang kerja
Misalnya lulusan jurusan Teknik Informatika berpeluang menjadi software engineer, developer multiplatform, sistem analis, junior data science, dan lain sebagainya. Sedangkan lulusan bidang keguruan dan pendidikan juga tak melulu jadi guru, karena masih banyak profesi lainnya.

5. Riset
Bisa dilakukan dengan riset mulai dari mata kuliah, biaya per semester, profil jurusan, hingga sebaran lulusan.

6. Tidak ikut-ikutan teman
Hal ini bisa merugikan karena belum tentu bakat dan minat diri sendiri sesuai dengan teman kita. Jangan sampai nantinya ketika memilih jurusan ikut-ikutan malah menyiksa diri dan merasa tertekan jika menjalaninya.

7. Konsultasi dengan ahli
Konsultasi bisa dilakukan dengan guru, orangtua, kakak tingkat, atau siapapun yang dirasa lebih ahli di bidang ini.

5.00 avg. rating (89% score) - 1 vote
Share