570 ribu Guru di Indonesia belum mendapat Sertifikat Pendidik

Direkturlenderal Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kemendikbud mengatakan saat ini di Indonesia terdapat 3.107.000 guru yang telah bersertifikat sebagai tenaga pendidik. Guru tersebut berasal dari jenjang PAUD, SD. SMP, SMA, dan SMK. Namun tidak termasuk guru Agama karena berada di bawah Kementerian Agama (Kemenag).

Meski demikian, masih terdapat 570.000 guru di Indonesia belum memiliki sertifikat pendidik. Oleh karena hal tersebut, KEMENDIKBUD berupaya memfasilitasi mereka agar dapat meraih sertifikat sebagai tenaga pendidik. Sebelumnya, cara untuk mendapatkan sertifikat ialah melalui pendidikan dan pelatihan guru profesi (PLPG).

“Namun saat ini PLPG sudah tidak ada dan diganti dengan PPG (Program Profesi Guru),” kata EMra di sela sela Rembug Nasional Perguruan Tinggi (PT) Penyelenggara PPG se Indonesia di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Senin 19 November 2018.

Saat ini terdapat 59 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia sebagai penyelenggara PPG. Tahun 2018 mulai digelar PPG Dalam Jabatan dengan kerja sama antara dua kementerian, yakni Kemendikbud dan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdilcti).

“Dalam kurun waktu 5-6 tahun ke depan, kami menargetkan seluruh guru di Indonesia sudah memiliki sertifikat pendidi, lanjutnya.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.