510 Peserta SBMPTN Didiskualifikasi, Sebagian Karena Membawa HP

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengatakan ada 510 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang didiskualifikasi dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Dari jumlah itu, 218 peserta diantaranya didiskualifikasi karena melanggar aturan saat ujian.
.
Sementara 292 peserta lainnya didiskualifikasi karena foto yang diunggah pada pendaftaran atau dibawa ketika ujian tidak sesuai dengan wajah peserta. Untuk itu mereka dihentikan dari seleksi.
.
Dari 702.420 peserta yang mendaftar UTBK, Nasih mengumumkan ada 167.653 peserta yang lolos SBMPTN. Namun ia menjelaskan belum tentu seluruh peserta yang lolos tersebut berhasil menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi yang dituju.
.
Peserta yang lolos, katanya, juga perlu memperhatikan jadwal daftar ulang dan biaya uang kuliah tunggal (UKT) masing-masing PTN. Karena bisa jadi peserta gagal menjadi mahasiswa baru jika terlewat jadwal mendaftar ulang.
.
Ia pun mengimbau peserta berkomunikasi dengan pihak perguruan tinggi jika mengalami kendala dalam daftar ulang. Salah satunya termasuk terkendala ekonomi.
.
Lebih lanjut, Nasih menyampaikan agar peserta yang tidak lolos SBMPTN jangan putus asa. Ia mengatakan masih ada jalur mandiri di sejumlah PTN yang menerima minimal 30 persen dari keseluruhan daya tampung.
.
Dan pada masa pandemi ini, jalur mandiri pada sebagian besar PTN dapat menggunakan nilai UTBK. Sertifikat nilai UTBK dapat diunduh mulai 15 Agustus pukul 15.00 WIB.
.
Hasil SBMPTN diumumkan hari ini pukul 15.00 WIB. Peserta dapat mengakses pengumuman melalui situs resmi https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau situs PTN lainnya.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.