50 Persen Mahasiswa Baru, Jalur SBMPTN 2022 Dibuka Oleh UNEJ

Universitas Jember (Unej) kini membuka kuota mahasiswa baru sebanyak 50 persen dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022. Sedangkan untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 sebesar 30 persen atau 2.372 kursi bagi mahasiswa baru.
Kemudian untuk 20 persen lagi akan diperoleh melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) yang merupakan ujian mandiri dari Unej. Hal ini diungkapkan oleh Iwan Taruna selaku Rektor Unej. Selanjutnya ia juga menambahkan bahwa komposisi penerimaan mahasiswa baru di tahun 2022 ini tidak jauh berbeda dengan tahun 2021.

Dengan jumlah 2.373 mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, membuat Unej menyediakan alokasi yang cukup besar di jalur tanpa tes dibandingkan dengan PTN lain. Sehingga teruntuk siswa yang masuk eligible, harus memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik. Unej ini juga termasuk kedalam posisi ke-8 sebagai PTN di Indonesia yang paling banyak menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN 2021. Tambah Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Unej, Prof. Slamin mengatakan bahwa peserta harap untuk membiasakan membaca terlebih dahulu pedoman pendaftaran SNMPTN sesuai yang berada di laman LTMPT.

Prof. Slamin memberikan tips untuk calon mahasiswa agar berpeluang diterima di PTN. Pertama, memilih program studi sesuai dengan cita-cita dan passion yang dimiliki. Kedua, mencari data terkait prodi yang dituju termasuk persaingan yang ada melalui LTMPT dan PTN yang dituju. Untuk daya tampung sendiri di prodi Unej sudah diunggah pada laman unej.ac.id. Ia juga menegaskan bahwa Unej tidak pernah melakukan blacklist kepada sekolah, namun jika memang ada siswa yang diterima di PTN melalui melalui jalur SNMPTN tapi tidak melakukan registrasi ulang, maka tentu menjadi rekam jejak negatif alias mengurangi nilai komitmen sekolah yang bersangkutan.

5.00 avg. rating (89% score) - 1 vote
Share