LTMPT : Siswa Lulusan Madrasah Bisa Mendaftarkan Diri di SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2021

masukkampus

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) meluruskan kabar yang beredar bahwa siswa Madrasah Aliyah (MA) tidak bisa mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021. LTMPT menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Nasih mengatakan bahwa LTMPT tidak pernah menerbitkan aturan tentang larangan bagi siswa/lulusan MA untuk mendaftar atau mengikuti SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021.

Lanjutnya peraturan yang dimaksud yakni program studi yang ditawarkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pada SNMPTN dan SBMPTN 2021 hanya yang bersifat umum. Artinya, program studi keagamaan tidak akan masuk ke dalam SNMPTN dan SBMPTN. Namun, khusus program studi keagamaan, PTKIN akan menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara tersendiri.

Nasih menjelaskan siswa kelas 12 tahun 2021 pada SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta yang eligible diperbolehkan mengikuti SNMPTN dan UTBK-SBMPTN tahun 2021.

Terakhir ia menegaskan kembali, program studi yang ditawarkan oleh PTKIN pada SNMPTN dan SBMPTN 2021 adalah program studi yang bersifat umum saja. Sedangkan, program studi Keagamaan di PTKIN tidak ditawarkan, karena PTKIN akan menggelar penerimaan mahasiswa baru secara tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini Dia ! 10 PTN Dengan Pendaftar Terbanyak di SNMPTN 2020

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur yang disediakan oleh pemerintah. Untuk bisa mendaftarkan diri di SNMPTN hanya siswa yang eligible saja yang bisa daftar, jadi tidak semua siswa. Tapi yang perlu kamu ingat adalah saat kamu gagal di SNMPTN tahu ini, yakinkan dirimu kegagalan itu […]

Subscribe US Now