Wow! Ini Dia 6 Jurusan Langka Tapi Mudah Dapat Pekerjaan

masukkampus

Banyaknya peminat sebuah jurusan yang dipilih, maka akan semakin sulit siswa tersebut memperebutkan satu kursi. Hal ini juga berlaku ketika lulus kuliah dan bersaing dalam dunia kerja, tanpa skill atau kemampuan khusus yang dimiliki.

Namun jangan khawatir karena di Indonesia sendiri banyak jurusan yang sepi peminatnya tetapi mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Yuk simak 6 jurusan langka yang membuat kalian mudah mencari kerja.

1. Jurusan Astronomi
Berbicara Jurusan Astronomi, pastinya terpikir untuk menjadi astronom. Sebab, di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari ilmu tata surya, fisika bintang, galaksi dan kosmologi. Dengan begitu, mahasiswa jurusan ini akan lebih banyak menggali ilmu di dunia observasi terhadap benda-benda langit.

Di Indonesia, jurusan ini hanya terdapat di Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat lulus dari jurusan ini dan sudah menjadi astronomer, maka keahlian kalian sangat dibutuhkan oleh lembaga-lembaga antariksa dan penelitian yang ada di Indonesia.

2. Jurusan Teknik Nuklir
Jurusan teknik nuklir dibuka untuk siswa yang ingin mendalami fenomena dan reaksi yang terjadi oleh tenaga nuklir. Di era globalisasi, jurusan ini sangat dibutuhkan oleh lembaga atau individu, seperti di dunia kesehatan, perindustrian atau bahkan dunia pengetahuan.

Di Indonesia, jurusan teknik nuklir terdapat di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (STTN).

3. Jurusan Kriminologi
Jurusan kriminologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku kriminal dan mengatasi perilaku kriminal. Jurusan ini biasanya berkaitan mengumpulkan banyak data. Mahasiswa jurusan kriminologi akan dihadapkan dengan banyak perilaku sosial, seperti nilai kemasyarakatan yang menjurus ke arah unsur kriminal, psikologi, hukum maupun sosiologi. Salah satu universitas yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Indonesia (UI).

4. Jurusan Geofisika
.
Mahasiswa jurusan geofisika memiliki potensi yang sangat besar untuk masa depan dalam dunia kerja. Jurusan ini tidak hanya belajar tentang ilmu kebumian saja, tetapi juga akan berkaitan dengan masalah pemberdayaan sumber daya alam, sumber daya lingkungan, sumber daya energi, dan mitigasi bencana di bumi ini. Prospek kerja dari jurusan ini dibutuhkan berbagai perusahaan swasta dan instansi pemerintah yang bergerak di bidang kebumian, khususnya menjadi tenaga peneliti.
.
5. Jurusan Aktuaria
.
Ilmu yang didapat dari jurusan aktuaria berkaitan dengan pengelolaan risiko keuangan yang ada di masa depan. Dapat dikatakan, ilmu gabungan dari matematika, keuangan, pemrograman komputer serta statistika. Selain itu lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan gaji dengan rata-rata 10-50 juta satu bulan. Adapun universitas yang menyediakan jurusan aktuaria adalah UI, IPB University, ITB, UNPAD dan ITS.
.
6. Jurusan Oseanografi
.
Jurusan ini banyak menimba ilmu terkait dengan keadaan dan fenomena laut, yang akhirnya bisa mempelajari keadaan perikanan laut, bencana yang mungkin terjadi di laut, dan rekayasa lingkungan laut serta berkaitan dengan dunia kemaritiman. Salah satu universitas yang menyediakan jurusan oseanografi adalah ITB dan Universitas Diponegoro (UNDIP).
.
Gimana glads ? Tertarik untuk masuk jurusan tersebut ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nilai UTBK-SBMPTN Jadi Salah Satu Persyaratan Jalur SIMAK UI

Universitas Indonesia(UI) merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Beragam jurusan dan fasilitas tersedia di UI. Tahun ini UI kembali membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI, Talent Scouting dan SIMAK UI. Sebagai informasi, UI tahun kemarin menggelar ujian berbasis komputer secara online. Kepala Kantor PMB UI, […]

Subscribe US Now