Peneliti UI : PJJ Belum Diterima Siswa Sebagai Proses Belajar Mengajar

masukkampus

Hasil penelitian Universitas Indonesia (UI) terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menyebutkan bahwa peserta didik khususnya siswa belum menerima sepenuhnya PJJ sebagai proses pembelajaran.

Ketua tim peneliti Dr. Devie Rachmawati mengungkapkan mereka merasa tidak seperti sedang menjalani studi. Temuan penelitian ini dapat dipahami, mengingat karakter PJJ yang mengharapkan peserta didik sebagai agen pembelajaran aktif.

Lanjutnya, mereka masih menyandarkan diri pada komunikasi lisan untuk belajar. Meskipun mereka generasi internet, literasi digital yang belum cukup, membuat semua peserta didik belum mengetahui cara mengeksplorasi pengetahuan di dunia maya.

Penelitian ini menemukan bahwa para sebagian peserta didik, pengajar dan orang tua, sepakat untuk memilih pembelajaran offline kembali dilakukan selepas pandemi.

Sebelum PJJ diberlakukan, peserta didik terbiasa menerima seluruh pengetahuan dari satu sumber pengetahuan, yaitu para pengajar. Namun setelah PJJ diberlakukan, para siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran mandiri melalui PJJ.

Terakhir Devie mengatakan, penelitian ini mendapati juga bahwa gaya belajar para peserta didik didominasi dengan gaya reflektif dan intuitif.

Sebagai informasi, reflektif mengacu kepada gaya belajar yang memikirkan materi dalam-dalam ketimbang mempraktikkannya. Sedangkan gaya intuitif mengacu pada upaya mempelajari konsep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Berikut Jadwal Penerimaan Jalur Masuk UI Tahun 2021

Universitas Indonesia(UI) adalah salah satu universitas idaman semua siswa, khususnya kelas 12. Beragam jurusan dan fasilitas tersedia di UI. Buat kamu calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UI mulai sekarang harus berlatih dengan sungguh-sungguh, karena jadwal penerimaan jalur masuk UI telah resmi diumumkan. Wakil Rektor bidang Akademik dan […]

Subscribe US Now