Miris! Siswa Ini Dikeluarkan Dari Sekolah Karena Tak Mampu Membayar SPP

masukkampus

Seorang siswa kelas 4 sekolah dasar (SD) di Jakarta Timur, dikeluarkan dari sekolah lantaran orangtuanya tak mampu melunasi uang sumbangan pembinaan pendidikan (SPP). Orang tua siswa itu menunggak SPP sejak pertengahan tahun 2020.

Masalahnya orangtua siswa tidak bisa membayar SPP lantaran pandemi Covid-19 telah membuat usaha rumah makan mereka tutup.

Sebelum siswa itu dikeluarkan dari sekolah, orang tua siswa lebih dahulu menerima surat peringatan agar segera melunasi uang sekolah anaknya.

Orang tua siswa juga sempat diminta kepala sekolah membuat surat keterangan tidak mampu dari RT dan RW setempat agar mendapat keringanan biaya sekolah. Namun kala itu pengurus RT dan RW di tempat tinggalnya tak bisa ditemui.

Lantaran tidak adanya surat keterangan tersebut, ia menerima pesan singkat dari kepala sekolah bahwa anaknya tidak lagi bisa melanjutkan sekolah lagi terhitung 23 Desember 2020.

Ia juga mengaku menunggak uang bayaran sekolah mulai April 2021. Total biaya yang dia belum lunasi Rp 13 juta. Dia memastikan, dirinya bukan tidak mau bayar tetapi dia tidak mampu bayar karena usahanya terdampak Covid-19.

Disisi lain, Komisioner Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan memanggil perwakilan pemerintah yakni Dinas Pendidikan DKI untuk dimintai keterangan. Ia mengatakan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Lanjutnya, sekolah seharusnya dapat memberikan kebijakan untuk siswa yang terdampak pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kabar Baik Untuk Angkatan Tahun 2022, Sekolah Kedinasan Akan Masuk Sistem SNMPTN Dan SBMPTN

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berencana akan menggabungkan sekolah kedinasan dalam program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggu Negeri (SNMPTN) maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN). Ketua LTMPT Prof. Nasih mengatakan, rencana tersebut akan direalisasikan pada tahun 2022. Lanjutnya, karena LTMPT itu merupakan lembaga masuk […]

Subscribe US Now