Catat! Ini Dia Kiat Sukses Untuk Masuk PTN Tahun 2021

masukkampus

Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tinggal menghitung hari lagi. Para siswa disibukkan dengan pemilihan kampus impian mereka untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dilansir dari webinar yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ketua Majelis Rektor, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum mengingatkan siswa untuk benar-benar memilih kampus sesuai keinginan dan kemampuannya, agar tidak terjadi kesalahan kedepannya.

Selain itu, Prof. Jamal juga memberikan tips sukses bagi siswa dalam memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Yuk simak kiat sukses untuk masuk PTN tahun 2021 :

1. Menghadapi ujian tulis pada SBMPTN dan seleksi mandiri perlu persiapan mental. Banyak siswa yang gagal diterima PTN disebabkan karena gugup dan grogi saat mengerjakan soal tes. Biasakan diri Anda dengan berbagai bentuk soal dengan cara memperbanyak latihan. Hal ini dapat meminimalisir kesalahan dan membuat anda menjadi terbiasa.

2. Bangun kepercayaan diri. Jangan pernah terjebak oleh rayuan atau iming-iming dari joki atau orang yang menjanjikan lolos secara instan. Seperti membayar uang dengan ratusan juta dan lain sebagainya. Karena seleksi di PTN telah menerapkan berbagai strategi dan sistem monitoring untuk mencegah kecurangan.

3. Banyak calon siswa yang gagal masuk PTN bukan disebabkan karena kurang pintar, tetapi karena strategi yang kurang tepat dalam memilih prodi. Sebelum mendaftar seleksi PTN, siswa perlu menyadari minat pribadi. Atau bisa dengan bertanya kepada kakak kelas yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi.

4. Siswa yang ingin lolos PTN harus jeli mengenali kemampuan diri dan membandingkannya dengan prodi dan perguruan tinggi yang dipilih.

5. Untuk lulus PTN juga memerlukan usaha yang luar biasa, maka jangan hanya mengharapkan pada satu jalur masuk saja. Siswa juga diharapkan untuk menyiapkan rencana kedua apabila gagal di jalur masuk yang pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Miris! Siswa Ini Dikeluarkan Dari Sekolah Karena Tak Mampu Membayar SPP

Seorang siswa kelas 4 sekolah dasar (SD) di Jakarta Timur, dikeluarkan dari sekolah lantaran orangtuanya tak mampu melunasi uang sumbangan pembinaan pendidikan (SPP). Orang tua siswa itu menunggak SPP sejak pertengahan tahun 2020. Masalahnya orangtua siswa tidak bisa membayar SPP lantaran pandemi Covid-19 telah membuat usaha rumah makan mereka tutup. […]

Subscribe US Now