Yuk Mengenal Jurusan Aktuaria, Prodi yang Masuk Dalam Nilai UTBK SBMPTN Tertinggi

masukkampus

Program studi (prodi) Aktuaria menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati siswa dalam mengikuti SBMPTN hingga tiga tahun terakhir.

Sebagai informasi program studi Aktuaria adalah gabungan antara akuntansi dengan matematika. Ilmu aktuaria juga sebuah disiplin ilmu yang menggunakan teori probabilitas, matematika dan statistika untuk mengukur dan menghitung dampak finansial di masa yang akan datang.

Lalu apa saja fakta menarik tentang prodi aktuaria ? Yuk simak informasinya.

1. Mahasiswa yang mengambil jurusan Aktuaria ini akan mempelajari seperti Matematika Finansial, yaitu mempelajari tingkat suku bunga dan anuitas. Kemudian juga akan mempelajari Peluang dan Statistika, Akuntansi, Ekonomi serta Pemodelan dan Teori Risiko.

2. Tentunya di prodi Aktuaria, kamu akan mendapatkan mata kuliah seperti Komputerisasi dan Pemrograman Aktuaria, Dasa-dasar Kalkulus, Demografi dan Penyajian Tabel Mortalita, Manejemen Klaim, Hukum Asuransi, Matematika Asuransi Jiwa dan Matematika Dana Pensiun.

3. Setelah lulus dari prodi Aktuaria, kebanyakan mahasiswa jurusan ini akan bekerja sebagai Aktuaris, seperti Pemeriksa Klaim dan Asuransi Properti, Penilai, Pemeriksa, Penyidik Klaim Asuransi, dan Surveyor Risiko Asuransi.

4. Di Indonesia, jenjang program studi Akturia beragam, dari D3 hingga S2. Salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang mempunyai prodi Aktuaria ini adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November dan lain sebagainya.

5. Tak hanya jenjang karir yang menjanjikan, lulusan Aktuaria ini juga dikenal memiliki gaji yang tinggi hingga Rp 50 juta per bulan. Bahkan gaji lulusan di tingkat vokasi bisa melebihi tingkat sarjana di jurusan ini.

6. Meski terbilang favorit, banyak kampus di Indonesia yang belum menawarkan prodi Aktuaria. Padahal, permintaan lulusan Aktuaria di dunia kerja terbilang tinggi dan banyak dicari oleh perusahaan, baik dalam maupun luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Catat Yuk! Berikut Syarat Foto Untuk Akun LTMPT 2021

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan, registrasi akun LTMPT untuk sekolah yang belum punya akun dan lulusan tahun 2021 serta calon peserta SNMPTN yang eligible mulai 4 Januari 2021 pukul 15.00 WIB sampai dengan 1 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Dalam tahapan registrasi akun LTMPT, salah satunya siswa […]

Subscribe US Now