Ditentukan Oleh Rektor, Kuota SNMPTN Bisa Melebihi Batas Minimum 20%

masukkampus

Kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang ditetapkan oleh LTMPT adalah minimum 20%. Namun rektor bisa melebihi kuota tersebut sesuai dengan pertimbangan dan kebijakan masing-masing.

Ketua Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Mohammad Nasih menjelaskan, kuota jalur penerimaan mahasiswa baru berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya ditetapkan minimum 20 %. Akan tetapi, biasanya para rektor dalam menerima mahasiswa baru di SNMPTN kuotanya tidak berhenti di 20% melainkan lebih dari 20%.

Sebagai informasi, LTMPT telah menetapkan kuota Peguruan Tinggi Negeri (PTN) dari jalur masing-masing penerimaan. Diantaranya jalur penerimaan SNMPTN berjumlah minimum 20%, SBMPTN minimum 40% dan Mandiri maksimum 30%. Namun, hal ini berbeda untuk Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH), bahwa untuk jalur SBMPTN minimum 30% dan maksimum 50% dari jalur mandiri.

Prof.Nasih menjelaskan, adapun yang termasuk Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH) seperti Universitas Indonesia , Universitas Gadjah Mada dan lain sebagainya.

Adapun ketentuan penetapan siswa dari jalur SNMPTN dilihat berdasarkan nilai akademik dan prestasi yang mendukung, kemudian SBMPTN dilihat berdasarkan hasil nilai UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh masing-masing PTN, serta yang terakhir jalur mandiri, proses seleksinya dapat menggunakan nilai UTBK dan beberapa ketentuan dari masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Yuk Mengenal Jurusan Aktuaria, Prodi yang Masuk Dalam Nilai UTBK SBMPTN Tertinggi

Program studi (prodi) Aktuaria menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati siswa dalam mengikuti SBMPTN hingga tiga tahun terakhir. Sebagai informasi program studi Aktuaria adalah gabungan antara akuntansi dengan matematika. Ilmu aktuaria juga sebuah disiplin ilmu yang menggunakan teori probabilitas, matematika dan statistika untuk mengukur dan menghitung dampak finansial […]

Subscribe US Now