Hampir Satu Tahun Sekolah Daring, Inilah Dampak Negatif PJJ Pada Siswa

masukkampus

Tak terasa hampir satu tahun pandemi Covid-19 ini telah melanda Indonesia.  Hal ini membuat pemerintah memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Diberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini juga banyak menimbulkan dampak positif dan negatif bagi siswa maupun mahasiswa yang melakukannya.

Jika hal tersebut terus dilakukan, maka bisa menimbulkan suatu risiko yang permanen. Terlebih lagi Indonesia telah melakukan PJJ ini hampir satu tahun. Berikut dampak negatifnya :

1. Ancaman Putus Sekolah
Ancaman putus sekolah ini dapat disebabkan karena anak terpaksa bekerja untuk membantu keuangan keluarga di tengah pandemi Covid-19.  Selain itu, membuat orangtua memiliki persepsi tidak bisa melihat peranan sekolah dalam proses belajar-mengajar apabila pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka.

2. Kendala Tumbuh Kembang
Hal ini terjadi dikarenakan adanya kesenjangan capaian belajar. Yang dimana terdapat prbedaan akses dan kualitas selama pembelajaran jarak jauh terutama untuk anak dari sosio ekonomi kelas menengah ke bawah.

3. Tekanan Psikososial dan Kekerasan dalam Rumah Tangga
Dampak negatif PJJ yang terakhir ini dapat mengakibatkan anak stres akibat minimnya interaksi dengan guru, teman dan lingkungan luar, ditambah tekanan akibat sulitnya pembelajaran jarak jauh yang menyebabkan adanya tekanan psikososial pada anak.

Selain itu, kasus kekerasan dalam rumah tangga yang berdampak pada siswa ini juga kebanyakan tidak terdeteksi oleh guru, dimana guru juga merupakan peranan yang penting dalam membuat psikososial siswa menjadi lebih baik.

Sebagai informasi, Nadiem Makarim juga telah menegaskan bahwa pembelajaran tatap muka diperbolehkan semester depan, asalkan ada rekomendasi dari pemerintah daerah dan satuan tugas setempat.

Hal inilah yang harus diperhatikan oleh pemerintah daerah yang telah diberikan kewenangan oleh Kemendikbud apabila masih tetap memberlakukan PJJ di semester depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tak Hanya PTN, SNMPTN Dan SBMPTN Tahun 2021 Akan Ada Kampus Politeknik

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menginformasikan penerimaan mahasiswa baru tahun 2021. Ketua pelaksana LTMPT Prof. Budi P Widyobroto mengatakan, penerimaan mahasiswa baru tahun 2021 tidak ada perbedaan yang signifikan dengan tahun sebelumnya, hanya beberapa hal saja yang berbeda. Salah satunya institusi politeknik akan ikut dalam penerimaan mahasiswa baru […]

Subscribe US Now