Selesai Kuliah Tatap Muka, Mahasiswa Wajib Pulang Ke Rumah

masukkampus

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto mengatakan bahwa pimpinan perguruan tinggi dapat mempertimbangkan mengenai kuliah tatap muka untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa.

Perkuliahan yang dimaksud dapat diselenggarakan secara tatap muka dan dalam jaringan (hybrid learning).

Kemudian apabila kampus telah dibuka, mahasiswa yang hadir ke kampus hanya untuk keperluan belajar. Setelah kuliah selesai, mahasiswa diwajibkan untuk meninggalkan kampus agar tidak terjadi kerumunan di dalam kampus.

Wikan mengatakan bahwa kantin dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang berpotensi menciptakan kerumunan akan di nonaktifkan.

Di sisi lain pihak Kemendikbud juga harus memperhatikan adanya risiko penurunan kompetensi bagi generasi peserta didik, apabila terlalu lama belajar dirumah.  

Selain itu, pihak perguruan tinggi harus berkoordinasi secara aktif dengan pemerintah daerah, satuan tugas Covid-19 daerah, orang tua, serta wajib membentuk satuan tugas khusus di dalam kampus agar semua berlangsung sesuai dengan peraturan dan SOP. 

Ia berharap, seluruh civitas perguruan tinggi dapat bersinergi menjalankan kebijakan dalam situasi yang sehat dan aman bagi seluruh warga pendidikan serta tidak menimbulkan cluster baru.

Terakhir Wikan menilai menilai kebijakan untuk membuka perkuliahan tatap muka sangat baik terutama untuk pembelajaran yang sifatnya keterampilan (hands on).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

SBMPTN Tahun 2021 Sebentar Lagi, Berikut Materi Yang Akan Diujikan

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal kegiatan dan ketentuan seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Jalur masuk PTN 2021 sendiri terbagi atas 3 jenis seleksi yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) serta Seleksi […]

Subscribe US Now