MENKO PMK: Semakin Lama Siswa PJJ, Moral Akan Terus Merosot

masukkampus

Menjelang dibukanya sekolah pada Januari 2021, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta agar pemerintah daerah bersama penyelenggara pendidikan membuat peta zona kerawanan Covid-19 secara detail.

Sebagai contoh, jika di suatu daerah telah ditetapkan zona merah bisa jadi di dalamnya terdapat zona hijau, dan ini perlu diwaspadai sehingga penyebaran virus bisa teratasi. Kemudian, begitupun sebaliknya.

Muhadjir menambahkan semakin lama peserta didik tidak bersekolah, maka moral dan perilaku anak bisa terus merosot.

Karena itu, dia meminta pemerintah daerah bersama pihak sekolah bisa menyiapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti menyiapkan tempat cuci tangan, meminimalisir agar murid-murid tidak berkerumun, dan menyediakan masker untuk murid-murid.

Ia juga menambahkan agar peran pemerintah ditingkatkan lagi dalam hal pembukaan sekolah, salah satunya pemerintah harus menyediakan masker gratis di tiap-tiap sekolah apabila sekolah tersebut dibolehkan untuk dibuka.

Selain itu, sekolah juga harus melakukan protokol kesehatan yang ketat, seperti kuota siswa per kelas dikurangin, menyediakan disinfektan, jaga jarak, dan lain sebagainya.

Dengan tujuan, siswa akan selamat dan terjaga dari virus corona ketika sekolah telah dibuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Selesai Kuliah Tatap Muka, Mahasiswa Wajib Pulang Ke Rumah

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto mengatakan bahwa pimpinan perguruan tinggi dapat mempertimbangkan mengenai kuliah tatap muka untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Perkuliahan yang dimaksud dapat diselenggarakan secara tatap muka dan dalam jaringan (hybrid learning). Kemudian apabila kampus telah dibuka, mahasiswa yang hadir ke kampus […]

Subscribe US Now