Tak Lagi LTMPT, Sekolah Berhak Menentukan Siswa Yang Bisa Ikut Di SNMPTN 2021

masukkampus

Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 sedikit berbeda dengan tahun lalu. Salah satunya, sekolah tidak lagi mengisi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) seluruh siswa. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengambil dari data pokok pendidikan (dapodik) untuk menentukan kuota tiap-tiap sekolah.

Pada tahun sebelumnya pihak ltmpt berhak menyeleksi siswa yang bisa mendaftarkan diri di SNMPTN berdasarkan kuota akreditasi sekolah. Berbeda dengan tahun ini, sekolah diberikan kewenangan untuk langsung memilih siswa yang bisa mendaftarkan diri di SNMPTN berdasarkan peringkat dan prestasi yang terbaik.

Ketua LTMPT Prof Mohammad Nasih menyatakan, LTMPT akan me-launching kebijakan dan peraturan baru SNMPTN pada 4 Januari. 

Nasih menjelaskan, LTMPT akan menggunakan data yang ada di dapodik dan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) untuk menentukan jumlah siswa yang eligible tiap-tiap sekolah/madrasah.

Setiap sekolah akan mendapatkan jumlah kuota siswa yang bisa mendaftar SNMPTN. Kemudian, sekolah tinggal menginput nama siswa yang eligible sesuai dengan kuota yang diterima.

Contohnya, SMAN 1 memiliki kuota 50 orang. Maka, sekolah hanya menginput 50 siswa dengan pemeringkatan terbaik di sekolahnya. 

Nasih menambahkan, data tersebut dapat dimanfaatkan sekolah untuk pengambilan program studi (prodi) siswa ke depan. Sementara bagi PTN digunakan sebagai indikator indeks sekolah untuk tujuan penentuan daya tampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ikatan Dokter Anak Indonesia Mengungkapkan Sekolah Daring Jauh Lebih Aman

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memandang metode pembelajaran atau pendidikan jarak jauh lebih aman daripada tatap muka langsung di sekolah saat ini. Setiap orang tua yang sedang mempertimbangkan persetujuan kegiatan sekolah dengan tatap muka kembali diharapkan tetap mendukung kegiatan belajar dari rumah, baik sebagian maupun sepenuhnya. Pandangan itu disampaikan sebagai bagian dari […]

Subscribe US Now