KEMENDIKBUD : Guru Dan Siswa Sudah Siap Belajar Tatap Muka Di 2021

masukkampus

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengklaim guru siap melakukan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Balitbang Kemendikbud terhadap 384 guru di sekolah swasta dan negeri pada seluruh jenjang.

Survei tersebut dilakukan pada 8-15 Agustus 2020 dengan wawancara melalui telepon, dengan batas kesalahan 5 persen. Selain guru, survei juga melibatkan 384 siswa dari seluruh jenjang, kecuali PAUD.

Dalam survei tersebut ditemukan 91,4 persen guru mengaku sudah siap mengajar tatap muka. Sedangkan 8,6 persen mengatakan belum siap.

Jika dikategorikan berdasarkan domisili mengajar, ada 97,8 persen guru di daerah tertinggal yang mengaku sudah siap dan 90,5 persen di daerah nontertinggal.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah mengizinkan pembukaan sekolah dilakukan mulai Januari 2021. Nadiem menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk membuka sekolah di tengah pandemi.

Namun, keputusan Nadiem memberikan kewenangan pembukaan sekolah ke pemerintah daerah menuai pro dan kontra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Masih Banyak Orang Tua Khawatir Jika Sekolah Dibuka

Sebagian orang tua siswa masih merasa khawatir kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang memperbolehkan belajar tatap muka pada Januari 2021 mendatang. Sebab, kasus penyebaran covid-19 masih terus terjadi dan bertambah. Selain berpotensi menciptakan kerumunan, jika belajar tatap muka dilaksanakan, siswa-siswa berasal dari berbagai wilayah dan pemahaman yang berbeda tentang […]

Subscribe US Now