KPAI : Mayoritas Sekolah Belum Siap Belajar Tatap Muka

masukkampus

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat bahwa mayoritas sekolah belum siap untuk melaksanakan belajar tatap muka sesuai izin yang diberikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Temuan itu didapat setelah KPAI melakukan survei atau tinjauan terhadap 48 sekolah di 8 provinsi dan 20 kabupaten kota.

Nadiem mengatakan keputusan itu diambil setelah Kemendikbud mengevaluasi surat keputusan bersama (SKB) 4 Menteri pada 7 Agustus lalu, yang mengatur izin pembukaan sekolah hanya di zona kuning dan hijau. Nantinya, pelaksanaan belajar tatap muka akan berlaku mulai Januari 2021.

Menanggapi hal itu, Retno selaku Komisioner KPAI mengaku tidak setuju beban menyiapkan infrastruktur pembelajaran tatap muka di sekolah hanya diserahkan ke Pemda.

Menurut dia, selain pemerintah daerah, pemerintah pusat juga harus fokus pada upaya penyiapan infrastruktur, sosialisasi protokol kesehatan, dan kerja sama dinas pendidikan dan satuan tugas Covid-19.

Selain itu, lanjut Retno, KPAI juga mendorong agar pelaksanaan belajar tatap muka diiringi dengan tes swab masif bagi seluruh tenaga pendidik, termasuk siswa yang dapat dilakukan secara acak. Tes dilakukan dengan menggunakan anggaran APBD dan APBN.

Di sisi lain, ia menambahkan, sepanjang pengawasan KPAI, Retno bilang status zona terus berubah secara dinamis, begitu pula buka tutup sekolah. Oleh sebab itu, ia mendorong pembukaan sekolah tidak mengacu pada status zona daerah, melainkan kesiapan sekolah.

Terakhir, Retno meminta agar pelaksanaan belajar tatap muka dimulai dengan sepertiga jumlah siswa, bukan setengah. Kuota tersebut dapat bertambah menyusul tingkat kepatuhan siswa dalam menerapkan protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

IPB Matangkan Rencana Pembukaan Belajar Tatap Muka Tahun Depan

Rektor IPB Prof. Arif Satria mengatakan, saat ini IPB sedang mematangkan rencana untuk membuka kembali kelas tatap muka. Masih di kondisi pandemi Covid-19 ini, kelas tatap muka semester selanjutnya diperkirakan dibuka secara bertahap. Arif menambahkan, saat ini untuk mendukung kelas tatap muka, IPB juga sedang melakukan identifikasi lebih lanjut. Khususnya, […]

Subscribe US Now