Catat! Ini Dia Syarat Lengkap Sekolah Tatap Muka Di 2021

masukkampus

Pemerintah mengizinkan membuka kembali sekolah tatap muka untuk kegiatan belajar mengajar dengan menerapakan prorotokol kesehatan yang ketat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim menjelaskan pembukaan sekolah diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah (pemda).

Kebijakan ini akan berlaku mulai semester genap tahun ajaran 2020/2021.

Keputusan pembukaan sekolah akan diberikan kepada tiga pihak, yakni pemerintah daerah, kepala sekolah, dan orang tua melalui komite sekolah.

Ia pun menegaskan, orang tua masing-masing siswa dibebaskan untuk menentukan apakah anaknya diperbolehkan ikut masuk sekolah atau tidak. Sekalipun, sekolah dan daerah tertentu telah memutuskan untuk membuka kembali kegiatan belajar tatap muka.

Nadiem mengatakan sekolah yang diperbolehkan menggelar pembelajaran tatap muka harus memenuhi 6 syarat.

Keenam syarat tersebut merupakan kewajiban sekolah untuk memenuhi dukungan sarana kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Pertama, sekolah harus memastikan sanitasi dan kebersihan toilet, tersedianya sarana cuci tangan dan desinfektan. Kedua, sekolah harus memiliki akses kepada fasilitas pelayanan kesehatan.

Ketiga, sekolah harus siap untuk menerapkan wajib masker. Keempat, sekolah harus memiliki thermogun. Kelima, sekolah harus melakukan pemetaan guru dan siswa.

Keenam, adanya persetujuan komite sekolah dan perwakilan orang tua wali.

Tanpa persetujuan perwakilan orang tua, sekolah tidak diperkenankan untuk dibuka. Jadi, 6 syarat tersebut adalah daftar periksa untuk memberikan kepastian bahwa sekolah itu boleh dibuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

KPAI : Mayoritas Sekolah Belum Siap Belajar Tatap Muka

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat bahwa mayoritas sekolah belum siap untuk melaksanakan belajar tatap muka sesuai izin yang diberikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim Temuan itu didapat setelah KPAI melakukan survei atau tinjauan terhadap 48 sekolah di 8 provinsi dan 20 kabupaten kota. Nadiem mengatakan keputusan itu diambil setelah […]

Subscribe US Now