Tak Hany Sekolah, Nadiem Juga Izinkan Kuliah Tatap Muka Tahun Depan

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menegaskan, perguruan tinggi juga diperbolehkan perkuliahan tatap muka mulai Januari 2021 dengan syarat menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan mengisi daftar periksanya yang ditentukan oleh Ditjen Pendidikan Tinggi.

Pemerintah memberikan keleluasaan pada Pemda untuk melakukan pembelajaran tatap muka mulai semester genap 2020/2021 atau Januari 2021. Pemberian kewenangan penuh pada Pemda tersebut dalam penentuan pemberian izin pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan.

Nadiem menyatakan, pembelajaran tatap muka dapat dilakukan secara serentak atau bertahap per wilayah kecamatan dan atau desa atau kelurahan. Hal itu berlaku mulai semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau bulan Januari 2021.

Sekolah atau kampus juga harus memenuhi daftar periksa. Enam daftar periksa yang harus dipenuhi yakni ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan (toilet bersih dan layak serta sarana cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau penyanitasi tangan), mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan menerapkan masker, memiliki thermogun, memiliki pemetaan warga satuan pendidikan (yang memiliki komorbid tidak terkontrol, tidak memiliki akses transportasi yang aman, dan riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat risiko yang tinggi), dan mendapatkan persetujuan komite sekolah atau perwakilan orang tua/wali.

Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) lantas berencana untuk memprioritaskan mahasiswa baru (maba) untuk kuliah tatap muka di kampus. Para mahasiswa tingkat awal diprioritaskan lantaran mereka belum pernah merasakan kuliah tatap muka.

Terakhir MRPTNI telah mempersiapkan pembukaan kembali kuliah tatap muka sejak pertengahan November 2020. MRPTNI juga telah berkoordinasi dengan Kemendikbid sejak Nadiem mengumumkan kebijakan baru pekan lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nadiem : Orang Tua Boleh Tidak Mengizinkan Anaknya Sekolah Tatap Muka

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan orangtua boleh melarang anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka meskipun pemerintah daerah (Pemda) memutuskan untuk membuka sekolah mulai Januari 2021. Ia juga mengatakan terdapat tiga pihak yang menentukan dilakukannya pembelajaran tatap muka bisa dilakukan yakni Pemda atau Kanwil/Kantor Kemenag yang memberi izin, […]

Subscribe US Now