Nadiem : Orang Tua Boleh Tidak Mengizinkan Anaknya Sekolah Tatap Muka

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan orangtua boleh melarang anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka meskipun pemerintah daerah (Pemda) memutuskan untuk membuka sekolah mulai Januari 2021.

Ia juga mengatakan terdapat tiga pihak yang menentukan dilakukannya pembelajaran tatap muka bisa dilakukan yakni Pemda atau Kanwil/Kantor Kemenag yang memberi izin, satuan pendidikan penuhi daftar periksa termasuk persetujuan komite sekolah atau perwakilan orang tua, dan juga orang tua setuju untuk pembelajaran tatap muka.

Kemudian Nadiem juga menekankan kalaupun sekolah dibuka, orangtua masih bisa tidak memperkenankan anaknya tidak datang ke sekolah. Itu merupakan hak orangtua tidak mengizinkan anaknya meskipun sekolah tersebut telah melakukan pembelajaran tatap muka.

Pemerintah memberikan keleluasaan pada Pemda untuk melakukan pembelajaran tatap muka mulai semester genap 2020/2021 atau Januari 2021. Pemerintah melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan penguatan peran pemerintah daerah/kanwil/kantor Kemenag.

Pemberian kewenangan penuh pada Pemda tersebut dalam penentuan pemberian izin pembelajaran tatap muka.

Faktor yang perlu menjadi pertimbangan Pemda dalam pemberian izin pembelajaran tatap muka adalah tingkat risiko penyebaran COVID-19 di wilayahnya, kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai dengan daftar periksa, akses terhadap sumber belajar, kondisi psikososial peserta didik.

Kemudian, kebutuhan layanan pendidikan bagi anak yang orang tuanya bekerja di luar rumah, ketersediaan akses transportasi yang aman dari dan ke satuan pendidikan, tempat tinggal warga satuan pendidikan, mobilitas warga antarkabupaten/kota , kecamatan dan kelurahan/desa, dan kondisi geografis daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Keputusan Sekolah Tatap Muka Disambut Baik, Siswa : Kami Sudah Stress Belajar Online

Sejumlah siswa di beberapa daerah menyambut baik rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar pembelajaran tatap muka di sekolah pada saat masa pandemi Covid-19. Meski ada kekhawatiran, mereka menilai pembelajaran tatap muka harus mulai dicoba, sebab akhir pandemi Covid-19 belum dapat dipastikan. Di sisi lain, siswa juga ingin pihak […]

Subscribe US Now