Mahasiswa Ini Di Skors Gara Gara Laporkan Rektor

masukkampus

Frans Josua Napitu, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang diskors 6 bulan kuliah karena melaporkan rektornya, Fathur Rokhman, ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Skorsing diberikan kampus dengan bahasa ‘dikembalikan ke orang tua untuk pembimbingan moral’.

Frans menganggap skors yang dijatuhkan kepadanya adalah upaya kampus membungkam suara kritisnya. 

Pada awalnga, Frans melaporkan Rektor Unnes, Fathur Rokhman ke KPK pada Jumat, 13 November 2020. Pelaporan itu dilakukan dengan aksi demonstrasi sejumlah orang di depan gedung antirasuah. Frans menduga Fathur melakukan korupsi dalam pengelolaan dana mahasiswa.

Frans mengatakan anggaran itu bersumber dari mahasiswa ataupun luar mahasiswa. Dia mengaku telah menyerahkan rincian anggaran itu ke KPK, termasuk dokumen dan data pendukung.

Tiga hari setelah melaporkan rektor Unnes ke KPK, Frans diskors selama enam bulan. Dekan FH Unnes Rodiyah mengatakan telah menyampaikan surat pemberitahuan pengembalian pembinaan moral karakter Frans ke orang tuanya.

Rodiyah menjelaskan Frans pernah diperiksa pada Juli 2020 karena dianggap membuat gaduh. Dalam pemeriksaan itu, Frans disuruh meneken surat berisi enam pernyataan. Dia dianggap melanggar surat pernyataan itu karena melaporkan Fathur ke KPK.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Nurul Ghufron menyayangkan sikap Unnes yang menskors mahasiswanya karena melaporkan dugaan korupsi.

Menurut dia, melaporkan dugaan korupsi adalah kewajiban semua orang dan dilindungi oleh Undang-Undang. KPK memastikan akan menelaah laporan yang diberikan oleh Frans.

Terakhir, Ghufron mengaku tak habis pikir dengan sikap kampus Unnes yang justru memberikan sanksi kepada mahasiswanya karena aktif mengawasi pratik dugaan korupsi yang dilakukan pejabat kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Catat! 10 Prodi Soshum Ini Jadi Favorit Pada SBMPTN 2020

Masih bingung memilih program studi (prodi) atau jurusan di SBMPTN 2021 nanti ? Tak ada salahnya mengintip kembali prodi paling diminati para peserta SBMPTN 2020 sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah. Melalui konferensi pers yang diadakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) disampaikan bahwa jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi […]

Subscribe US Now