Mahasiswi Ini Dilecehkan Oleh Aktivis Kampus

masukkampus

Kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami mahasiswi IAIN Tulungagung terjadi saat korban dan pelaku hendak berkemah di lereng Gunung Wilis, Kediri. Bagaimana korban digerayangi dan dipaksa melayani nafsu bejat pelaku.

Di kampus, korban dan pelaku juga berada dalam relasi hubungan senior-junior. 

Sementara kasus dugaan pelecehan seksual yang menimpa aktivis mahasiswi, dilaporkan ke kampus pada 16 September. Namun pihak kampus baru merespon 1 Oktober.

Korban dugaan pelecehan seksual di lingkungan kampus IAIN Tulungagung juga diketahui tidak hanya satu. Setelah aksi unjuk rasa yang dilakukan di kampus, mahasiswi lain yang diduga juga menjadi korban pelecehan, mulai bermunculan.

Alasan mereka selama ini memilih tutup mulut, karena takut dan malu. Para mahasiswi bercerita bagaimana mereka juga pernah dilecehkan pelaku yang berlatar belakang aktivis mahasiswa pecinta alam (Mapala). Pola pendekatan ke korban juga sama. Yakni diajak naik gunung dan setiba di lokasi dipaksa melayani nafsu bejat pelaku.

Tak hanya itu, selama kasus ini diungkap upaya victimisasi kepada korban juga terus bermunculan. Datangnya upaya (victimisasi) berasal dari oknum dosen sampai oknum aktivis kampus.

Bentuknya beragam. Yakni mulai menyalahkan korban sebagai perempuan yang mau diajak pergi berdua, hingga meminta korban untuk memaafkan pelaku dan melupakan.

Disisi lain pada 10-14 November lalu, pelaku yang merupakan mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum ikut diwisuda. Korban hanya meminta keadilan dari pihak kampus, untuk tidak memihak pelaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mahasiswa Ini Di Skors Gara Gara Laporkan Rektor

Frans Josua Napitu, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang diskors 6 bulan kuliah karena melaporkan rektornya, Fathur Rokhman, ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Skorsing diberikan kampus dengan bahasa ‘dikembalikan ke orang tua untuk pembimbingan moral’. Frans menganggap skors yang dijatuhkan kepadanya adalah upaya kampus membungkam suara kritisnya.  Pada awalnga, Frans melaporkan Rektor Unnes, […]

Subscribe US Now