Depresi Karena Banyak Tugas Online, Siswi Di Tangerang Meninggal Dunia

masukkampus

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkapkan seorang siswi kelas 12 SMA Negeri di Kabupaten Tangerang, Banten, meninggal dunia diduga akibat depresi. Penyebab depresi diduga akibat banyaknya beban tugas pembelajaran daring selama pandemi covid-19.

Retno mengatakan, korban sempat dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Tangerang. Selanjutnya dia dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Grogol, Jakarta Barat karena didiagnosis mengalami depresi.

Menurut ayah korban, ungkap Retno, anaknya tampak disibukkan dengan tugas-tugas dan pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Jika dugaan depresi terbukti benar, sudah empat anak meninggal dunia selama pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Retno mengatakan, KPAI mendorong para pengawas, kepala sekolah, guru Bimbingan Konseling (BK), wali kelas, dan guru mata pelajaran membuat kesepakatan memberi perlindungan dan pemaafan dalam pengumpulan tugas.

Lanjutnya, bentuk perlindungan itu berupa memberi tugas seringan-ringannya kepada siswa, baik dari segi kompetensi dasar maupun jumlahnya. Sekolah dan guru juga harus mengurangi tuntutan pengumpulan tugas karena menjadi beban psikologis siswa.

Masalah psikososial itu, lanjut Retno, antara lain anak menghadapi kecemasan akan tertinggal pelajaran, ketakutan terkena penyakit, merindukan teman-temannya, khawatir tentang penghasilan orang tuanya, dan merasa bosan terlalu lama di rumah.

Orang tua di satu sisi bisa menjadi penguat anak, tetapi di sisi lain juga bisa menjadi sumber masalah bagi kesehatan mental anak. Misalnya, ketika orang tua melakukan kekerasan psikologis karena tidak sabar saat mendampingi anak yang kesulitan belajar.

Terakhir, KPAI juga mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengurangi standar penilaian dan standar lulusan. Sebab selama ini yang dikurangi hanya Kompetensi Dasar melalui kurikulum darurat di masa pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mahasiswi Ini Dilecehkan Oleh Aktivis Kampus

Kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami mahasiswi IAIN Tulungagung terjadi saat korban dan pelaku hendak berkemah di lereng Gunung Wilis, Kediri. Bagaimana korban digerayangi dan dipaksa melayani nafsu bejat pelaku. Di kampus, korban dan pelaku juga berada dalam relasi hubungan senior-junior.  Sementara kasus dugaan pelecehan seksual yang menimpa aktivis mahasiswi, dilaporkan […]

Subscribe US Now