Nadiem : Tak Ada Gunanya Bimbel Buat Hadapi Asesmen Nasional

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan kepada seluruh orang tua siswa tak perlu mempersiapkan apapun dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada 2021 mendatang.

Sekadar informasi, AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

AKM merupakan salah satu instrumen penilaian Asemen Nasional (AN). AN adalah program Kemendikbud pengganti Ujian Nasional (UN) yang telah dihapus.

Hal ini ditegaskan oleh Nadiem bahwa hanya sebagian dari anak-anak tersebut yang mengikuti AKM. Nadiem pun menyebut bahwa tak perlu para orangtua memasukkan anaknya ke lembaga bimbingan belajar guna menghadapi AKM.

Ia menambahkan artinya asesmen ini tidak ada konsekuensi negatif apapun terhadap murid-murid pembelajaran. Jadinya tidak ada gunanya keluarkan uang untuk bimbel.

Alasannya lantaran disebut Nadiem, AKM ini tak akan memiliki konsekuensi apapun bagi murid. Mengingat AKM ini merupakan sebuah evaluasi untuk sekolah. Ditambah juga AKM ini tak bisa di-bimbel-kan.

Terakhir ia menambahkan terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yakni literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Depresi Karena Banyak Tugas Online, Siswi Di Tangerang Meninggal Dunia

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkapkan seorang siswi kelas 12 SMA Negeri di Kabupaten Tangerang, Banten, meninggal dunia diduga akibat depresi. Penyebab depresi diduga akibat banyaknya beban tugas pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Retno mengatakan, korban sempat dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Tangerang. Selanjutnya dia dirujuk ke […]

Subscribe US Now