Asesmen Nasional Akan Digelar Pada Bulan Maret-Agustus 2021

masukkampus

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan asesmen nasional pengganti Ujian Nasional (UN) akan digelar pada bulan Maret-April dan Agustus 2021. Waktu pelaksanaannya akan berbeda di setiap jenjang.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Totok Suprayitno mengatakan, untuk tingkat SMP, SMA/SMK dan Paket A, B, C  akan dilaksanakan pada bulan Maret-April 2021, ditargetkan sebelum puasa. Kemudian, untuk jenjang SD akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021

Totok menerangkan untuk SMP, SMA, dan SMK laporan hasil asesmen nasional pengganti UN ini akan disampaikan kepada sekolah dan pemerintah daerah pada Juli. Sedangkan untuk SD, hasilnya dilaporkan Oktober mendatang.

Ia menerangkan pelaksanaan asesmen nasonal ini akan secara bergantian antarsekolah. Hal tersebut, kata dia, guna memastikan semua sekolah terakomodasi untuk melakukan asesmen nasional pengganti UN.

Lanjutnya asesmen nasional ini, akan dilakukan di semua sekolah untuk masing-masing beberapa dari kelas V, VIII, dan XI.

Untuk memastikan pelaksanaannya berjalan lancar, Totok menyatakan strategi yang dilakukan akan serupa dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Bagi sekolah yang tak punya komputer, kata dia, akan menumpang di tempat pendidikan lain.

Dalam kesempatan yang sama, Mendikbud Nadiem Makarim kembali menekankan siswa tidak perlu melakukan bimbingan belajar (bimbel) untuk mengikuti asesmen nasional.

Ia menegaskan bahan yang akan diujikan dalam AKM yang merupakan bagian dari asesmen nasional itu tidak bisa dipelajari melalui bimbingan belajar. Pasalnya, asesmen ini hanya akan menguji nalar siswa.

#UTBK#SBMPTN#SNMPTN#masukkampusnews#masukkampus#TryOutUTBK#BelajarDiRumah#kemendikbud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Masih Bingung Soal Tes USM PKN STAN ? Yuk Ikutan TO Online STAN Part 6!!

IKUT TO STAN PART 6, STRATEGI UNTUK SUKSES MASUK PKN STAN! Kamu udah tahu belum kelebihan kuliah di PKN STAN? Berikut informasi seputar kelebihan kuliah di PKN STAN. Simak yaaa 1. Masa depan terjaminSetelah kamu lulusa dari PKN STAN kamu akan langsung bekerja di Instansi kementrian Keuangan dengan tunjangan paling […]

Subscribe US Now