Pembelajaran Online Dikampus Kemungkinan Akan Permanen Pada Tahun 2021

masukkampus

Program digitalisasi sekolah merupakan sebuah terobosan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mempercepat pemutakhiran perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sekolah.

Bukan hanya itu, Mendikbud juga berencana akan mendigitalisasi kurikulum, di mana guru akan diberikan kebebasan untuk memilih kurikulum pada tingkatan mana yang dirasa cocok untuk muridnya.

Nadiem Makarim juga memprediksi, usai pandemi Covid-19 pembelajaran online di kampus kemungkinan akan langgeng dilakukan.

Ia juga mengatakan di universitas, online learning itu akan menjadi suatu hal yang permanen. Sementara untuk pendidikan dasar dan menengah, Nadiem tak melihat adanya tren seperti itu.

Jenjang SMA, SMP, SD menurutnya kebanyakan masih berat kepada tatap muka. Hanya saja menggunakan teknologi untuk meningkatkan potensi dari pada proses pengajaran tersebut.

Walaupun di jenjang pendidikan itu masih mengutamakan pembelajaran luar jaringan atau luring, Nadiem melihat akan ada tren pemanfaatan teknologi dalam intensitas lebih besar setelah masa pandemi Covid-19 ini. Hal itu guna membantu proses pembelajaran luring di jenjang tersebut.

Terakhir ia memprediksi untuk dasar dan menengah pembelajaran akan dilaksanakan secara offline, tapi untuk universitas bakal banyak sekali model-model yang lebih ke online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dosen Harus Mengubah Pola Pikir Di Era Revolusi Industri

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam mengatakan tantangan terbesar pendidikan tinggi adalah pola pikir (mindset) dosen yang masih berada di era revolusi industri 2.0 atau 3.0. Dosen yang masih berpikir dirinya satu-satunya sumber ilmu akan sulit mewujudkan pendidikan tinggi yang siap menghadapi era di […]

Subscribe US Now