Dosen Harus Mengubah Pola Pikir Di Era Revolusi Industri

masukkampus

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam mengatakan tantangan terbesar pendidikan tinggi adalah pola pikir (mindset) dosen yang masih berada di era revolusi industri 2.0 atau 3.0. Dosen yang masih berpikir dirinya satu-satunya sumber ilmu akan sulit mewujudkan pendidikan tinggi yang siap menghadapi era di masa depan.

Menurut Nizam, peran dosen harus bergeser menjadi pendamping mahasiswa.

Ia juga mengatakan dosen harus menjadi co-pilot bagi mahasiswa untuk menjelajah kompetensinya, menjelajah ilmu pengetahuan dan teknologi dan menciptakan bersama-sama dengan mahasiswa ilmu pengetahuan dan teknologi ke depan.

Peran co-pilot ini, kata Nizam memang bukan hal yang mudah. Dosen sebagai pendamping mahasiswa memiliki peran yang lebih kompleks dari sekadar pengajar yang memberikan materi-materi saat kuliah.

Selain itu, Nizam berpendapat dosen harus memiliki semangat dan keinginan kuat untuk mendampingi mahasiswa menjelajah dunia masa depan.

Terakhir, Nizam mendorong agar dosen bisa mengubah pola pikir untuk memberi pendampingan kepada mahasiswa. Dosen harus memiliki semangat untuk menghasilkan mahasiswa yang siap menjadi pemimpin masa depan dengan kreativitas dan berdaya saing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Praja IPDN Akan Dipecat, Jika Masih Melakukan Kekerasan Kepada Juniornya

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kembali mengingatkan agar jangan lagi ada budaya kekerasan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri ( IPDN). Jika masih tetap ada praja yang melakukan kekerasan, maka pemecatan dan proses hukum akan dilakukan. Ia juga mengatakan tidak akan segan-segan memecat dan mempidanakan apabila kasus kekerasan masih terjadi. […]

Subscribe US Now