Anaknya Dijanjikan Lolos Akademi Kepolisian, Polisi Ini Kena Tipu 1,35 Miliar

masukkampus

Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Selatan, Kombes Mochamad Rifa’i menjelaskan kronologi kasus penipuan yang diduga korbannya adalah anggota Polres Banjarbaru, Aiptu Putu Sudhiwirawan.

Menurut dia, korban tertipu sebesar Rp1,35 miliar dengan modus calo seleksi masuk Akademi Kepolisian (Akpol). Tetapi ia memastikan korban bukanlah seorang polisi.

Ia menjelaskan, kasus ini berawal dari korban melaporkan ke Polda Kalimantan Selatan pada 20 Juli 2020. Sebab, korban ditipu dengan pelaku janji bisa meluluskan anaknya yang ikut seleksi Taruna Akademi Kepolisian.

Rifa’i mengatakan, korban pun tergiur hingga akhirnya memberikan uang Rp1 miliar kepada pelaku. Sementara itu, korban memberi uang tambahan operasional Rp200 juta dan terakhir diminta lagi sebesar Rp150 juta. Totalnya, korban rugi Dp1,35 miliar.

Berkat laporan korban, Rifa’i mengatakan, tim Polda Kalimantan Selatan langsung menindaklanjuti laporan tersebut hingga akhirnya berhasil menangkap dua orang pelaku inisial IR dan IL di lokasi yang berbeda daerah di Jakarta.

Begitu didalami, Rifa’i mengatakan, pelaku IL ternyata punya perkara juga di Polda Banten yang statusnya sudah menjadi tersangka kasus tindak pidana korupsi. Bahkan, perkara tersebut sudah tahap dua di Kejaksaan Negeri Serang.

Atas perbuatannya, Rifa’i mengatakan, kedua pelaku dijerat Pasal 378 sub 372 jo 55,56 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

PJJ Banyak Memakan Korban Jiwa, Pengamat : Perlu Adanya Bimbingan Konseling

Memasuki bulan kedelapan pandemi Covid-19 di Indonesia, sebagian besar sekolah masih melakukan kegiatan belajar di rumah mengikuti arahan pemerintah yang disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Meski telah cukup lama menerapkan PJJ , kendala masih kerap didapati di lapangan. Utamanya terkait fasilitas, jaringan, sampai keadaan psikologis siswa, guru, maupun orang tua. Sementara Menteri […]

Subscribe US Now