Asesmen Nasional Hanya Untuk Evaluasi, Bukan Untuk Seleksi Masuk Sekolah

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan Asesmen Nasional tidak akan digunakan untuk seleksi siswa masuk sekolah negeri maupun swasta, seperti Ujian Nasional (UN) beberapa tahun lalu.

Asesmen Nasional hanya digunakan untuk evaluasi kinerja sekolah, memberi umpan balik untuk guru dan sekolah gimana untuk meningkatkan kualitas, bukan untuk sistem seleksi anak masuk negeri dan swasta

Ia mengatakan Asesmen Nasional justru merupakan upaya untuk menyetarakan akses pendidikan kepada semua orang. Lantaran siswa tidak akan dinilai secara individual berdasarkan capaian pendidikannya.

Nadiem menyampaikan perubahan UN menjadi Asesmen Nasional dicontek dari negara lain yang dinilai lebih maju di dunia pendidikan. Untuk itu ia menginginkan pengukur pendidikan di Indonesia mengikuti standar global.

Selain itu, ia juga akan mengupayakan digitalisasi sekolah pada 2021. Wacana ini dilakukan salah satunya untuk mengantisipasi pembelajaran secara digital seperti yang dilakukan selama pandemi.

Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbud Samto sebelumnya mengatakan Asesmen Nasional rencananya akan digelar Maret atau April 2021 untuk jenjang pendidikan menengah dan Juli untuk pendidikan dasar.

Namun rencana ini dengan asumsi pandemi Covid-19 sudah terkendali. Ia menjelaskan mekanisme Asesmen Nasional yang dibahas pihaknya dilakukan berbasis komputer, serupa dengan Ujian Nasional.

Asesmen Nasional sendiri bakal dibagi menjadi tiga, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berupa literasi dan numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Terakhir, ia mengatakan Asesmen Nasional tidak akan diikuti satu angkatan tertentu, seperti halnya UN. Siswa yang mengikuti asesmen hanya maksimal 45 orang untuk SMP dan SMA, serta 35 siswa untuk SD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini Dia! Jenis Subtes Dalam UTBK TPS 2021

Tahun 2020 emang penuh tantangan, termasuk untuk para peserta UTBK. Banyak perubahan sistem yang terjadi dalam UTBK tahun ini. Bukan rahasia umum lagi, apabila UTBK sekarang terdiri hanya dari TPS (Tes Potensi Skolastik) yang terbagi dari beberapa macam sub-test. Apa ajasih test yang diujikan dalam UTBK TPS ini glads ? […]

Subscribe US Now