Wajib Tahu! Ini Dia 5 Poin Penting Dalam Penilaian SNMPTN

masukkampus

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan dibuka beberapa bulan lagi, menyusul pengumuman resmi dari pemerintah.

Tentunya gladiators semua harus mempersiapkannya dengan matang sehingga strategi kemungkinan lolos di SNMPTN jauh lebih besar. Apalagi, ada proses panjang yang harus disiapkan nantinya.

Lantas apa saja poin penting dalam penilaian SNMPTN nanti ? Yuk simak informasinya.

1. Nilai rapor
Dalam penilaian SNMPTN ini tentunya nilai rapor adalah hal yang paling utama. Bukan tanpa alasan apabila juara kelas sangat direkomendasikan untuk mengikuti SNMPTN. Nilai rapor memang menjadi kriteria SNMPTN yang penting, tapi bukan satu-satunya apalagi penentu lolos atau tidaknya seleksi. Jadi, enggak usah khawatir ya.

2. Prestasi yang mendukung
Pada dasarnya nilai yang stabil akan menjadi peluang besar dalam penentuan kelulusan SNMPTN. Namun, hal itu tidak menjadi utama kalau tidak ada prestasi yang mendukung, seperti mengikuti lomba-lomba tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Jadi, mulai sekarang yuk banyakin ikut lomba, semakin tinggi tingkatan lombamu maka peluang lolos SNMPTN akan semakin besar.

3. Indeks sekolah
Disamping nilai rapor dan prestasi, ternyata indeks sekolah juga menjadi bagian dari kriteria penilaian SNMPTN loh. Indeks sekolah ini dapat diilustrasikan sebagai rapornya sekolah.

Indeks sekolah mencakup berbagai kriteria glads, seperti akreditasi sekolah, jumlah lulusan yang keterima SNMPTN pada tahun sebelumnya, jumlah siswa yang mengambil SNMPTN pada tahun sebelumnya, prestasi sekolah baik tingkat daerah sampai internasional dan pilihan kelas (IPA,IPS, atau Bahasa).

4. Alumni sekolah
Alumni salah satu yang paling berpangaruh juga loh dalam kriteria penilaian SNMPTN. Apabila kakak kelas kamu menorehkan banyak prestasi di kampus, aktif berorganisasi maupun IPK persemesternya bagus, maka peluang untuk lolos dalam SNMPTN juga akan sangat besar.


5. Passing grade
.
Ternyata bukan hanya SBMPTN saja yang ada passing grade-nya, SNMPTN juga ada loh glads. Tapi metode menghitung dan menghasilkan passing grade di SNMPTN pastinya berbeda dengan SBMPTN. Namun, dilihat dari fungsinya yaitu masih sama, yang dimana sebagai perkiraan apakah nilai kita sudah melewati “nilai batas penentu kelulusan” atau belum.
.
Cara menghitung passing grade SNMPTN dari nilai rapor adalah dengan membandingkan nilaimu dengan nilai alumni sekolah yang telah lolos SNMPTN di jurusan PTN yang dituju.
.
Buat kamu pejuang SNMPTN yuk mulai sekarang rajin-rajin mencari informasi tentang SNMPTN, jangan sampai ketinggalan informasinya dan juga harus dipersiapkan dari sekarang ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Siswa Mengeluh Ingin Belajar Offline. Dinas Pendidikan Tidak Mau Ambil Resiko

Dinas Pendidikan Kota Palembang memperpanjang periode belajar dari rumah hingga Desember 2020 mendatang. Salah satu faktor perpanjangan ini karena belum adanya rekomendasi dari Dinas Kesehatan. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, Ahmad Zulinto, mengatakan pihaknya akan melihat kembali kondisi pandemi corona, jika masih tidak memungkinkan akan dilakukan musyawarah kembali tahun […]

Subscribe US Now