Catat! Ini Dia Tips Untuk Memilih Sekolah Kedinasan Di Indonesia

masukkampus

Sekolah kedinasan terus menjadi primadona bagi lulusan SMA/SMK sederajat. Banyak keuntungan yang ditawarkan sehingga selalu menarik minat para pendaftarnya.

Selain biaya yang gratis, mereka yang menempuh pendidikan di sekolah kedinasan berkesempatan menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) setelah lulus kuliah.

Buat kamu pejuang kedinasan, wajib banget dibaca tips untuk memilih sekolah kedinasan di Indonesia.

1. Cari Informasi yang Resmi
Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin mendaftar sekolah kedinasan adalah informasi akurat mengenai sekolah kedinasan yang dituju. Informasi yang harus dikumpulkan adalah lokasi pendidikan, peluang, proses seleksi, serta jurusan yang tersedia.

Jika sudah menetapkan sekolah kedinasan yang dituju, kemudian juga jurusan yang dipilih, informasi selanjutnya yang perlu dicari adalah proses seleksinya. Tes akademik, psikologi, tes fisik, tes buta warna, ataupun tes-tes kesehatan lainnya.

2. Ketahui Jadwal Tes
Usai lolos tahap seleksi administrasi, biasanya tahapan tes selanjutnya adalah ujian tertulis, tes psikologi, tes wawancara, dan tes kesehatan.

Semua tes tersebut berbeda-beda jadwalnya, maka agendanya perlu dicatat secara jelas agar tidak terlewat. Simpan semua jadwal tes tersebut di gawai pintar, Google Calender, atau lingkari kalender di rumah, atau bisa juga membuat pengingat satu pekan atau dua hari sebelum tes selanjutnya diadakan.

3. Siapkan Fisik
Beberapa sekolah kedinasan selain mempunyai tahapan tes kesehatan juga memiliki tahapan tes fisik. Hal ini dapat dimaklumi karena menjalani masa ikatan dinas itu tidak mudah. Dari sekarang mulailah berolahraga secara teratur, seperti lari pagi dan olahraga ketahanan fisik lainnya supaya kalian bisa melalui tes fisik sekolah kedinasan yang kalian tuju.

4. Mantapkan Niat dan Pilihan
Berdasarkan peraturan baru, calon mahasiswa hanya bisa mendaftar di satu sekolah kedinasan saja. Oleh karena itu, teguhkan niat dan mantapkan hati pada pilihan Anda.Persiapkan dengan matang, dan yakinkan diri bahwa jurusan yang dipilih sesuai dengan passion yang akan ditekuni. Apabila seseorang memilih dua sekolah kedinasan sekaligus, seperti STIS dan STSN, maka berdasarkan peraturan di atas, maka calon pendaftar akan dinyatakan gugur.
.
Itu dia tips buat kamu para pejuang kedinasan, tetap semangat dan terus berjuang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wajib Tahu! Ini Dia 5 Poin Penting Dalam Penilaian SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan dibuka beberapa bulan lagi, menyusul pengumuman resmi dari pemerintah. Tentunya gladiators semua harus mempersiapkannya dengan matang sehingga strategi kemungkinan lolos di SNMPTN jauh lebih besar. Apalagi, ada proses panjang yang harus disiapkan nantinya. Lantas apa saja poin penting dalam penilaian SNMPTN […]

Subscribe US Now