Ingat! Ini Waktu Terbaik Untuk Belajar Dari Rumah Biar Efektif

masukkampus

Selama pandemi Covid-19 ini, sebagai pelajar atau mahasiswa tentunya harus bisa mengatur waktu belajar dari rumah dengan efektif.

Dari pagi hingga sore hari kita dihadapkan dengan berbagai tugas. Maka dari itu, kita harus bisa mengatur waktu agar semua pekerjaan bisa selesai dengan maksimal.

Nah, sebenarnya kapan sih glads waktu yang paling tepat bagi otak agar bisa bekerja secara efisien ?. Yuk simak informasinya!

1. Jam 6 – 9 pagi
Pada jam ini sangat baik untuk meningkatkan semangat sebelum aktivitas otak mulai bekerja dengan beban berat. Disarankan, pada jam
ini jangan melakukan aktivitas yang membuat otak menjadi kelelahan.

2. Jam 9 – 11 pagi
Pada jam ini hormon kortisol atau hormon stress akan mulai aktif. Otak juga akan mulai fokus bekerja, di jam inilah sangat bagus untuk belajar serta mengerjakan tugas yang membutuhkan analisa dan konsentrasi tinggi. Selain itu, di jam ini juga tingkat kreativitas bagi otak mulai bermunculan.

3. Jam 11 – 2 Siang
Di jam ini hormon melatonin (hormon tidur) telah menurun tajam, sehingga tubuh lebih siap untuk mengerjakan beban yang berat atau pekerjaan yang sulit dan keras. Tapi disarankan tidak mengerjakan tugas secara bersamaan, dengan tujuan otak bisa fokus bekerja.

4. Jam 2 siang – 4 sore
Ini merupakan jam terbaik untuk beristirahat siang karena asupan darah atau oksigen ke otak agak berkurang. Di jam ini juga rasa mengantuk akan muncul, jadi cobalah untuk beristirahat sebentar.

5. Jam 4 – 6 sore
Saat otak benar-benar lelah, usahakan melakukan kegiatan yang berbeda di jam ini. Tak ada salahnya untuk berjalan-jalan bersama keluarga, sahabat, teman maupun pacar.

6. Jam 6 sore – 8 malam
Ini merupakan waktu terbaik untuk melakukan tugas pribadi karena otak masuk dalam tahap pemeliharaan. Biasanya di jam ini juga otak sudah masuk dalam tahap pemeliharaan.

7. Jam 8 – 10 malam
Setelah otak bekerja dengan sangat berat dan mengakibatkan kelelahan, di jam inilah sangat disarankan untuk bersantai atau merilekskan pikiran, sehingga otak akan perlahan mulai stabil kembali.

8. Jam 10 malam ke atas
.
Sebelumnya kamu harus tau dulu di jam ini badan memproduksi hormon melatonin. Apasih itu ? Melatonin adalah hormon yang diprodusi di kelenjar pineal. Hormon alami di dalam tubuh ini berperan sebagai hormon tidur.
.
Jadi, ini bukan lah waktu yang tepat untuk otak bekerja. Tapi, jika memaksakan diri untuk tetap belajar di jam tersebut, justru tidak akan selesai-selesai. Usahakan tidur dengan waktu yang cukup ya, yaitu 7-8 jam.
.
Nah jam-jam di atas bisa jadi referensi buat kamu glads jika ingin menyusun jadwal belajar mandiri dan bisa membuat waktu belajar kamu menjadi efektif di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

2.773 Mahasiswa Universitas Indonesia Lulus Dengan Predikat Cumlaude

Sebanyak 2.773 mahasiswa Universitas Indonesia lulus dengan predikat Cumlaude dalam wisuda daring program Sarjana (Reguler, Internasional, Paralel dan Ekstensi) serta Program Pendidikan Vokasi semester genap tahun akademik 2019/2020. Pada wisuda hari pertama (16 Oktober 2020), UI melepas 4.785 lulusan yang terdiri atas 2.717 lulusan program sarjana reguler, 219 lulusan program sarjana […]

Subscribe US Now